Friday, 15 September 2017

CERITA PENDEK (CERPEN) “SEKOLAH SANGAT MENYENANGKAN”



Namaku Billy amara gana vaozi,biasa dipanggil billy. Aku merupakan anak pertama dari tiga bersaudara dan berasal dari keluarga yang sederhana umurku sekarang 16 th. Sekarang aku bersekolah di SMK NEGERI 2 KEBUMEN, Kelas sebelas TKBB 2.
 
CERITA PENDEK (CERPEN) “SEKOLAH SANGAT MENYENANGKAN”
CERITA PENDEK (CERPEN) “SEKOLAH SANGAT MENYENANGKAN”
Setelah lulus dari SMP pasti akan melanjutkan sekolah ke sekolah yang lebih tinggi bukan?, begitu juga dengan saya,setelah lulus dari smp saya mendaftar sekiolah di smk n 2 kebumen, aku mendaftar di jurusan bangunan.

Hari pertama saya mendaftar saat itu aku bersama ibu saya, saat pertama kali melihat sekolah yang begitu besar aku terkejut,karena belum pernah melihat sekolah yang besar, pendaftaran dimulai pada pikul 08.00. Aku dan ibuku mengantri di paling depan, untuk melakukan tes fisik di suatu ruangan, dan aku di tes dari tinggi badan, berat badan, bertato atau tidak, bertindik atau tidak. Alhamdulillah saya lulus uji dari tes fisik. Kemudian lanjut untuk mengumpulkan data data dari ijasah sementara, kartu keluarga dan lain-lain. Lalu ke wawancara siswa dan wali murid disana di tanya banyak hal. Akhirnya hari pertama mendaftar selesai.

Mendaftar sudah tinggal memantau jurnal, tergusur atau tidak. Aku mendaftar di smk n 2 mengambil jurusan teknik konstruksi batu dan beton karena di suruh dari orangtuaku. Banyak teman ku dari smp yang juga mendaftar di sekolah itu. Setelah menunggu beberapa hari akhirnya pengumuman penerimaan peserta didik baru di smk n 2 kebumen di umumkan, dan alhamdulilah saya di terima.

Setelah di terima di smk n 2 kebumen yaitu mengukuti masa orientasi siswa. Hari pertama MOS di suruh berangkat lebih awal pukul 06.30 harus sudah ada di sekolah. Saat itu aku berangkat masih di antar oleh orangtua dan pulang juga sore sekitar pukul 04.00, Hari pertama terasa sangat lelah,karena belum terbiasa. Begitu terus sampai empat hari. Ditambah dengan Latian dasar kedisiplinan yang di latih oleh TNI langsung selama tujuh hari yang isinya latiah peraturan baris berbaris dan melatih kedisiplinan.

Pada saat itu di akhir latian ada perlombaan yaitu perlombaan PBB dan yel-yel wajib dari smk n 2 kebumen. Pada saat lomba kami mendapat nomer undi yang terakhir jadi kami bosan menunggu di panggil. Agar tidak bosan kami melakukan latian apa yang akan di tampilkan. Latian dengan semangat. Tidak lama kemudian kami di panggil untuk menampilkan, saat dalam perlombaan kami ada salah sedikit karena mungkin kami kelelahan, dan akhirnya kami kalah dari perlombaan itu, tetapi bagi kami kalah menang itu biasa.

Banyak hal yang aku dapatkan dari latihan dasar kedisiplinan, menjadi lebih disiplin dan menghormati orang yang lebih tua, dan masih banyak lagi hal yang aku dapat. Kelas di bagi aku mendapat kelas di bangunan dua, teman baru semua baru, tetapi kami sudah akrab seperti sudah berteman sudah lama, bercanda, tertawa bersama.

Setelah kegiatan latihan dasar kedisiplinan selesai, semua siswa masuk sekolah seperti biasa mengikuti pelajaran seperti biasa. Aku berangkat sendiri saat itu menggunakan sepeda motor, saat itu hari senin dan upacara bendera aku agak telat saat berangkat. Aku hampir saja telat untung saja aku cepat sedikit kalao tidak mungkin aku sudah di hukum lari lapangan karena telat masuk sekolah.aku berlari kelapangan. Untuk mengikuti upacara bendera.setelah selesai semua masuk ke kelas dan mengikuti pelajaran,pada saat pertama belajar mengajar yaitu perkenalan. Selama satu minggu dan pembentukan pengurus kelas. Saat pemilihan ketua kelas aku terpilih menjadi calon ketua kelas, tetapi saya tidak terpilih menjadi ketus kelas, teman saya lah yang akhirnya menjadi ketua kelas dia bernama Adi kurniawan.

Bersekolah sudah lebih dari satu bulan, dan ekstra kulikurer pramuka sudah mulai. Bagi kami pramuka sangatlah malas untuk mengikuti kegiatan tersebut, tetapi apabila tidak berangkat pramuka bisa tidak naik kelas karena nilai pramuka kurang. Pertama berangkat pramuka masih bersemangat, semua siswa berangakat, pukul 14.00 semua siswa kelas sepuluh di ambil alih utuk berbaris dan mengikuti apel,pada saat di bariskan kakak dewan menendangi kami karena baris kami lama. Kami merasa jengkel karena di tendang tendang tetapi kami tidak berani melawan. Pramuka di smk n 2 kebumen sangat lah bagus karena sangat lah keras pendidikannya makanan sehari harinya yaitu push up dan lari keliling lapangan, sangat bagus untuk melatih fisik dan mental.


Kegiatan belajar mengajar berjalan seperti biasa begitu juga dengan kegiatan lainnya. Saat itu ada pengumuman yaitu tentang kegiatan pengukuan kelas sepuluh.berkemah di di sekolah selama 3 hari tiga malam. Peralatan berkemah yang kami sangat banyak.setelah beberapa hari, kegiatan pengukuan di mulai dan siswa di suruh berangkat lebih awal. Untuk mendirikan tenda dan mempersiapkan semua barang  barang.

Hari pertama di perkemahan kegiatanya memasang tenda dan mempersiapkan barang barang dan lain lain. Kegiatan di malam hari saat itu yaitu andik di bangunkan pada saat tengah malam dan melakukan jalan malam hingga waktu subuh sudah sampai di sekolah. Setelah sampai sekolah yaitu isoma.siangnya kami wide game ke hutan dan melewati pos pos kepramukaan. Dalam wide game ini kami mendapat juara dua nama ambalan kami imam bonjol dan sangga kami sangga perintis. Setelah itu malam tiba dan kegiatan api unggun berlangsung saat itu hujan jadi semua andik di teduhkan di dalam kelas,karena hujan semua kegiatan menjadi tidak terlaksana.

Tiga hari sudah kami di perkemahan saatnya untuk pulang ke rumah masing masing. Kami merasa senang karena kegiatan pengukuan sudah selesai dan merasa sangat lega, tetapi masih ada kegiatan pramuka selama satu tahun.

Setelah satu tahun bersekolah dan pramuka hampir selesai kami mengikuti bantara yang di selenggarakan di luar sekolah. Kami berkemah selama tiga hari di situ kami benar benar di didik menjadi siswa yang mandiri dan disiplin,dan untuk mendapatkan logo bantara kami harus berusah sekeras mungkin, kami mendapat logo bantara itu tidak dengan Cuma-Cuma.

Kegiatan bantara selesai, begitu juga kegiatan pramuka. Kami merasa sangat senang karena kegiatan pramuka sudah tidak ada saat kami naik ke kelas sebelas. Merasa bebas karena pramuka telah selesai.di kemudian hari aku naik kelas ke kelas sebelas seperti saat ini yang aku jalani.



No comments:

Post a Comment