Thursday, 31 August 2017

CERPEN “PENGALAMAN MENGIKUTI KEGIATAN MOS DI SMK N 2 KEBUMEN”

  
Pada hari pertama masuk sekolah saya melakukan masa orientasi siswa (MOS) dan dilanjutkan dengan latihan dasar disiplin siswa. Saya berangkat sekolah bersama teman saya yang bernama Budi Prastyo anak kelas TKBB 3. Pada hari pertama masuk sekolah saya dan teman saya berangkat kesiangan dan mengakibatkan saya terlambat sampai sekolah. Sesampainya di sekolah teman-teman saya sudah melakukan apel di lapangan. Saya dan teman saya di hukum mengelilingi lapangan tiga kali dan push up tiga puluh kali. Setelah itu, saya langsung masuk barisan.
 
CERPEN “PENGALAMAN MENGIKUTI KEGIATAN MOS DI SMK N 2 KEBUMEN”
CERPEN “PENGALAMAN MENGIKUTI KEGIATAN MOS DI SMK N 2 KEBUMEN”
Ketika saya sudah melakukan apel, saya langsung menuju Aula Pringgodani dan disana langsung di lakukan pembagian kelas dan akhirnya saya mendapatkan kelas X Mesin 1. Disitu saya mendapatkan pengarahan dari kakak OSIS dan bapak ibu Guru sampai pukul 12.00 WIB. Setelah itu saya langsung makan siang. Saya membawa makanan yang saya bawa dari rumah. Setelah itu saya langsung bergegas menuju musholla dan melakukan sholat dzuhur. Setelah selesai melakukan sholat, saya langsung berganti pakaian olahraga.

Kemudian pada pukul 13.00 WIB seluruh siswa diarahkan menuju lapangan untuk melakukan jadwal berikutnya yaitu latihan dasar disiplin siswa. Latihan dasar disiplin siswa itu di ampu oleh TNI dari KODIM 0709. Latihan dasar disiplin siswa itu bertujuan agar para peserta didik baru memiliki rasa tanggung jawab, memiliki rasa disiplin, dan agar peserta didik baru memiliki badan yang kuat dan sehat. Siswa perlu sehat dan kuat dikarenakan besok di tempat pekerjaan badan yang sehat dan kuat sangat dibutuhkan dalam perusahaan.

Latihan disiplin siswa dimulai dari apel siang pada pukul 13.00 WIB. Sesudah apel siang, para peserta didik di bubarkan dari barisan dan di ambil alih oleh para TNI. Akhirnya, kelas saya diampu oleh TNI yang tidak terlalu galak. Kami di beri tahu cara melakukan hormat yang benar dan istirahat di tempat dengan benar. Kami di beri makanan oleh anggota OSIS pada pukuL 15.00 WIB. Setelah istirahat, kami melakukan tugas yang di berikan oleh para TNI. Tidak lama kemudian bel di bunyikan, akhirnya kami berkumpul membentuk barisan. Pada pukul 16.00 WIB, kami di pulangkan. Saya bergegas mengambil tas dan langsung menuju parkiran untuk mengambil motor lalu pulang.


Pada hari kedua saya berangkat lebih awal yaitu pada pukul 06.00 WIB bersama teman saya. Kami berangkat lebih awal bertujuan agar tidak telat. Kami sampai di sekolahan kira-kira pada pukul 06.30 WIB. Sesampainya di sekolah, saya berkumpul di lapangan upacara untuk melaksanakan apel pagi. Setelah apel selesai yaitu pada pukul 07.00 WIB, saya bersama seluruh peserta didik baru langsung menuju ke aula untuk melakukan pengenalan terhadap lingkungan sekolah atau biasa disebut MPLS/MOPDB.

Pada pukul 12.00 WIB, bel istirahat dibunyikan. Saya dan teman-teman sekelas diperintahkan oleh kakak OSIS untuk mencari ruang kelas yang kosong untuk tempat beristirahat. Akhirnya, kami menemukan kelas 2-1 sebagai tempat kami beristirahat. Di ruang tersebut, kami melakukan makan siang. Setelah selesai makan siang, kami  bergegas menuju mushola untuk melaksanakan ibadah sholat dzuhur berjama’ah. Sesudah saya sselesai melaksanakan sholat, kami langsung kembali ke ruang kelas yang tadi.

Kemudian kami diperintahkan untuk berganti pakaian olahraga. Setelah selesai berganti pakaian, pada pukul 13.00 WIB kami langsung berkumpul di lapangan upacara untuk melaksanakan apel siang. Apel selesai pada pukul 13.30 WIB. Setelah di bubarkan, kami diperintahkan untuk latihan PBB yang dipandu oleh para TNI. Pada pukul 15.00 WIB bel istirahat kedua dibunyikan lalu kami diberi makanan oleh panitia. Setelah selesai menikmati makanan yang diberikan oleh panitia, pada pukul 15.15 WIB bel masuk dibunyikan. Kemudian kami melanjutkan kegiatan pelatihan PBB. Tidak lama kemudian, bel berbunyi. Kami diperintahkan untuk melakukan apel sore. Setelah selesai melakukan apel, bel pulang dibunyikan. Saya dan teman-teman saya bergegas menuju parkiran untuk mengambil motor lalu pulang.

Pada hari ketiga dan seterusnya, kegiatan MOS berjalan lancar. Pada hari terakhir, saya berangkat seperti biasa yaitu pada pukul 06.00 WIB. Sampai disekolah, saya langsung dibariskan untuk mengikuti apel pagi. Setelah dibubarkan, kami langsung melakukan kegiatan LDDS (Latihan Dasar Disiplin Siswa) bersama para TNI. Setelah itu, kami diseleksi untuk mengikuti lomba PBB di lapangan tenis. Tetapi, saya tidak berhasil lolos seleksi dikarenakan saya ijin mengikuti seleksi Persak Junior yang dilaksanakan di Stadion Candradimuka Kebumen. Singkatnya, pada hari terakhir kegiatan LDDS saya tidak mengikuti kegiatan sepenuhnya. Tetapi saya diberitahu oleh teman saya bahwa kelas X TP 1 mendapatkan juara 1 lomba baris-berbaris. Saya ikut senang walaupun saya tidak berpartisipasi dalam lomba tersebut dan saya merasa bahagia karena teman-teman saya memaklumi keadaan saya waktu itu. 

No comments:

Post a Comment