Friday, 23 June 2017

Aturan Penjumlahan dan Pengurangan Angka Penting



Angka-angka penting didalam penjumlahan dan pengurangan itu ditentukan berdasarkan tempat titik desimalnya. Contohnya sebuah batang yang ukuran panjangnya adalah 140 mm. Batang yang panjangnya 140 mm itu akan ditambahkan ke batang yang lain dengan ukuran panjangnya 3,0 m.
 
Angka Penting
Angka Penting
Sekarang kita ingin menentukan panjang totalnya dengan menyamakan satuan ke meter. Maka berikutnya akan diperoleh (0,140 m) + (3,0 m) = 3,140 m. Akan tetapi kita tidak tahu apa-apa tentang angka-angka pada titik desimal kedua dan ketiga dari batang yang panjangnya 3,0**. Dengan demikian, kita tidak bisa mengetahui penjumlahan dengan teliti sampai tiga desimal. Oleh karena itu, kita dapatlah mengerti untuk membulatkan penjumlahan sampai ke bilangan yang tempat desimalnya adalah paling kecil dari semua bilangan yang terlibat dalam penjumlahan.


Panjangnya gabungan batang ialah 3,1 m, baik 3 dan 1 ialah angka-angka penting. Dengan penjumlahan yang bersusun ke bawah, akan tampak 3,1 m. 3,1 m itu diperoleh dari aturan bahwa didalam penjumlahan (juga berlaku untuk pengurangan), maka hasilnya hanya boleh mengandung satu angka taksiran.  

No comments:

Post a Comment