Tuesday, 23 May 2017

Dimensi Besaran Pokok



Setiap besaran pokok mempunyai dimensi dan satuan tersendiri. Dimensi dan satuan besaran pokok sifatnya berdiri sendiri, tidak terikat antara satu dengan yang lainnya.
 
Dimensi Besaran Pokok
Dimensi Besaran Pokok
Berikut akan dijelaskan dimensi besaran-besaran pokok:

Yang pertama adalah besaran pokok panjang. Besaran pokok panjang lambang satuannya adalah m. Sedangkan untuk lambang dimensi panjang adalah [L].

Yang kedua adalah besaran pokok massa. Besaran pokok massa lambang satuannya adalah kg. Sedangkan untuk lambang dimensi massa adalah [M].

Yang ketiga adalah besaran pokok waktu. Besaran pokok waktu lambang  satuannya adalah s. Sedangkan untuk lambang dimensi waktu adalah [T].

Yang keempat adalah besaran pokok Arus Listrik. Besaran pokok arus listrik lambang satuannya adalah A. Sedangkan untuk lambang dimensi arus listrik adalah [I].

Yang kelima adalah besaran pokok Suhu. Besaran pokok Suhu satuannya adalah K. Sedangkan untuk lambang dimensi suhu adalah [θ].

Yang keenam adalah besaran pokok Intensitas cahaya. Besaran pokok intensitas cahaya satuannya adalah cd. Sedangkan untuk lambang dimensi intensitas cahaya adalah [J].

Yang ketujuh adalah besaran pokok jumlah zat. Besaran pokok jumlah zat satuannya adalah mol. Sedangkan untuk lambang dimensi jumlah zat adalah [N].


Yang kedelapan adalah besaran pokok tambahan, yaitu radian. Besaran pokok radian lambang satuannya adalah rad. Sedangkan untuk lambang dimensi radian itu tidak ada.


Yang kesembilan juga adalah besaran pokok tambahan, yaitu steradian. Besaran pokok steradian lambang satuannya adalah sr. Sedangkan untuk lambang dimensinya tidak ada. 

No comments:

Post a Comment