Friday, 25 November 2016

Teknik Pengukuran Panjang dalam Ilmu Fisika


Teknik Pengukuran Panjang dalam Ilmu Fisika memang perlu kita pelajari bagi kita pecinta ilmu-ilmu alam. Dengan kita mempelajari Teknik Pengukuran Panjang dalam Ilmu Fisika maka pengetahuan kita dalam pengukuran panjang akan bertambah.
 
Teknik Pengukuran Panjang dalam Ilmu Fisika
Teknik Pengukuran Panjang dalam Ilmu Fisika
Jika dibenak kita ada pertanyaan bagaimana seandainya kita ingin mengukur kedalaman laut, atau mengukur jari-jari bumi, atau mengukur jarak bumi dengan matahari, atau mengukur jarak bintang yang sangat jauh. Maka  bagi orang yang suka mempelajari fisika pasti akan mengetahui jawabannya. Yang digunakan untuk mengukur kedalaman laut, atau mengukur jari-jari bumi, atau mengukur jarak bumi dengan matahari, atau mengukur jarak bintang yang sangat jauh adalah dengan menggunakan teknik pantulan ultrasonik.

Seandainya kita ingin mengukur kedalaman laut maka kita bisa menggunkan teknik pantulan ultrasonik. Cara kerja pantulan ultrasonik itu adalah bahwa ada sebuah instrumen, intrumen itu bisa juga disebut dengan fathometer. Fathometer ini akan memancarkan pulsa ultrasonik. Pada saat pulsa ultrasonik ini menyentuh didasar laut, maka pulsa ultrasonik ini akan dipantulkan. Kemudian pulsa pantul ultrasonik ini akan diterima kembali oleh fathometer.

Kita akan mengambil contoh misalnya cepat rambat suatu bunyi di dalam air ialah v = 1500 m/s. jarak waktu antara pulsa pancar sampai dengan pulsa pantul diterima kembali oleh fathometer selang waktunya ialah Δt = 8 sekon. Jika kita di suruh menghitung kedalaman lautnya ialah=


Sekarang kita menengok kira-kira 2300 tahun yang lalu. Ada apa 2300 tahun yang lalu? Ternyata 2300 tahun yang lalu ada seseorang yang bernama Eratostenes. Eratostenes ini ternyata sudah menggunakan teknik sederhana untuk mengetahui jari-jari bumi. Jari-jari bumi secara sederhana itu bisa diukur dengan menggunakan teknik pengukuran sudut pusat yang dibentuk oleh sinar matahari di dua tempat pada permukaan bumi, yang jaraknya itu sudah diketahui.


Sekarang kita juga mengenal metode paralaks bintang. Metode paralaks bintang itu ialah metode yang digunakan untuk mengukur jarak matahari atau bintang dari bumi. Pengukurannya itu bisa diukur secara tidak langsung dengan teknik sedarnana tersebut yaitu metode paralaks bintang.





No comments:

Post a Comment