Tuesday, 15 November 2016

Pemeriksaan Tanah dalam Ilmu Bangunan


Pemeriksaan Tanah dalam Ilmu Bangunan sangat bermanfaat sekali untuk mengetahui tanah yang diperiksa tersebut. Untuk mendapatkan suatu gambaran yang baik tentang struktur dan susunan tanah, di adakan penelitian, yang hanya dilakukan oleh orang yang memang sudah mempelajari ilmu bangunan tentang pemeriksaan tanah.
 
Pemeriksaan Tanah dalam Ilmu Bangunan
Pemeriksaan Tanah dalam Ilmu Bangunan
Untuk bangunan-bangunan yang bersifat normal, penelitian tanah dapat dikesampingkan. Untuk ini pada umumnya cukup diadakan pensonderan.

Pemeriksaan tanah antara lain penting untuk tujuan:
-    Penempatan tanah alas pada peninggian-peninggian dan/atau pengeringan-pengeringan.
-    Penentuan system pengeringan (pembuangan air), dan sebagainya.

Sebuah badan terkenal yang biasa menangani pekerjaan pemeriksaan tanah adalah Laboratorium voor Grondmechanica (Laboratorium untuk Mekanika Tanah) di Delft. Selanjutnya hanya haminte-haminte besar Rotterdam, Amsterdam dan Utrecht yang memiliki suatu dinas khusus untuk teknik dasar tanah.


Terdapat Pula beberapa perusahaan swasta yang melakukan pekerjaan ini. Dari pekerjaan yang dilakukan oleh badan-badan ini, banyak dapat diketahui tentang sifat-sifat tanah. Sebagian dari penelitian ini diadakan di lahan pembangunan itu sendiri dan sebagian lagi di laboratorium. Luasnya penelitian tergantung dari besar dan sifat pekerjaan yang akan dilaksanakan.


No comments:

Post a Comment