Wednesday, 23 November 2016

Mikrometer Sekrup untuk Alat Mengukur Panjang


Mikrometer Sekrup untuk Alat Mengukur Panjang adalah sebuah judul artikel kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup untuk Alat Mengukur Panjang.
 
Mikrometer Sekrup untuk Alat Mengukur Panjang
Mikrometer Sekrup untuk Alat Mengukur Panjang
Baiklah kita akan langsung membahas tentang Mikrometer Sekrup untuk Alat Mengukur Panjang. Pada umumnya bahwa mikrometer sekrup itu skala noniusnya terlihat pada selubung luar dan skala utamanya terlihat pada selubung. Seandainya pada selubung luarnya kita putar lengkap satu kali maka pada rahang geser dan juga pada selubung luarnya akan maju atau akan mundur 0,5 mm. Hal itu dikarenakan pada selubung luar itu mempunyai 50 skala, sehingga jika satu skala pada selubung luar sama dengan jarak maju atau jarak mundur pada rahang geser sejauh 0,5 mm / 50 = 0,01 mm. Jadi,  kita dapat mengatakan bahwa skala terkecil pada mikrometer sekrup ialah 0,01 mm atau 0,001 cm.

Untuk ketelitian atau ketidakpastian mikrometer sekrup ialah setengah dari skala paling kecilnya. Sehingga ketidakpastian atau ketelitian mikrometer sekrup ialah
0,5 X 0,01 mm = 0,005 mm atau 0,0005 cm.


Dengan ketelitian mikrometer sekrup adalah 0,0005 cm, maka mikrometer sekrup bisa kita pergunakan untuk mengukur tebal selembar kertas atau bisa juga digunakan untuk mengukur diameter kawat tipis dengan teliti atau akurat.






No comments:

Post a Comment