Sunday, 13 November 2016

Mempelajari Sains dalam Ilmu Fisika


Mempelajari Sains dalam Ilmu Fisika sangat penting bagi siapa saja yang ingin mendalami sains. Sebenarnya apa sih artinya sains itu. Sains ialah ilmu yang mempelajari gejala alam.
 
Mempelajari Sains dalam Ilmu Fisika
Mempelajari Sains dalam Ilmu Fisika
Sains itu asalnya dari bahasa Latin yang mempunyai arti “mengetahui.” Sains memang banyak sekali cabang ilmunya, misalnya kita ambil contoh fisika. Sekarang dalam benak kita bertanya, sebenarnya apasih yang dipelajari dalam fisika itu. Yang dipelajari dalam fisika adalah gejala-gejala alam misalnya magnet, listrik, bunyi, cahaya, kalor, dan gerak. Seluruh gejala alam tersebut merupakan bentuk dari sebuah energi. Oleh karena itu kita dapat mengatakan bahwa fisika ialah ilmu yang utama mempelajari hubungan antara energi dan materi.

Di era global yang terus berubah dan berlangsung sangat cepat membuat fisika adalah ilmu pengetahuan yang dijadikan tulang punggung teknologi. Teknologi yang menjadikan fisika sebagai tulang punggung misalnya teknologi modern dan teknologi manufaktur. Contoh dari teknologi modern misalnya teknologi transportasi, teknologi informasi, teknologi elektronika, dan teknologi informasi. Contoh teknologi modern tadi itu sangat diperlukan pemahaman dan penguasaan fisika yang cukup dalam.


Mengamati alam adalah kegiatan awal dalam mempelajari fisika, tetapi jika cuma duduk di kursi saja dan melihat gejala alam saja maka kegiatan itu tidaklah cukup. Dalam mengamati gejala alam harus juga disertai dengan data kuantitatif yang didapatkan dari hasil pengukuran. Fisikawan terkenal yang bernama Lord Kelvin mengatakan “Jika kita bisa mengukur apa yang sedang kita bicarakan dan menyatakannya dengan angka-angka maka artinya kita akan tahu apa yang sedang dibicarakan oleh kita.”


No comments:

Post a Comment