Wednesday, 9 November 2016

Mempelajari Air Tanah dalam Ilmu Bangunan

Mempelajari Air Tanah dalam Ilmu Bangunan adalah hal yang penting jika kita ingin lebih mengetahui air tanah lebih dalam. Yang dimaksud dengan air tanah adalah air yang ditemukan didalam tanah. Misalnya sewaktu kita menggali sebuah sumur.
 
Mempelajari Air Tanah dalam Ilmu Bangunan
Mempelajari Air Tanah dalam Ilmu Bangunan
Di dalam air tanah kita mengenal yang namanya permukaan air tanah. Permukaan air tanah atau disebut juga bidang freatis yaitu bidang atas dari air tanah. Kedalaman perrmukaan air tanah menentukan bagian atas fondasi yang terbuat dari tiang pancang. Soalnya tiang-tiang ini seluruhnya harus berada di bawah bidang freatis agar tidak membusuk. Karenanya kita pasang tiang-tiang tersebut 300 mm di bawah kedudukan air tanah paling rendah yang kita ketahui. Jika terdapat perkiraan bahwa mungkin akan terjadi penurunan kedudukan air, kita pergunakan tiang-tiang beton, atau tiang-tiang kayu yang disambung tiang-tiang beton.

Kedudukan air tanah sangat berpengaruh terhadap pembebasan air dari sumur-sumur fondasi. Karena alasan-alasan ini penting sekali kita kedudukan air tanah.


Tanah di atas bidang freatis sangat basah karena naiknya air tanah ke dalam pori-pori tanah. Pori-pori ini seakan membentuk pipa kapiler. Air tanah disedot dalam pori-pori  maka disebut dengan air tanah kapiler. Ketinggian naiknya air tanah tergantung pada kehalusan pori-pori tanah. Makin halus pori-pori tanah, semakin tinggi pula ketinggian laju kapiler.



No comments:

Post a Comment