Monday, 28 November 2016

Kesalahan Sistematis dalam Fisika


Kesalahan Sistematis dalam Fisika adalah sebuah judul artikel kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Ketidakpastian pada Pengungukuran.
 
Kesalahan Sistematis dalam Fisika
Kesalahan Sistematis dalam Fisika
Kesalahan sistematis dapat menyebabkan kumpulan acak bacaan suatu hasil pengukuran didistribusikan secara tetap disekitar nilai rata-rata yang cukup tidak sama dengan nilai yang sebenarnya. Kesalahan sistematis bisa diperkirakan dan bisa dihilangkan.

Kesalahan acak dan sistematis dalam pengukuran disebabkan oleh beberapa kesalahan antara lain berikut ini:

Yang pertama ialah kesalahan kalibrasi. Kesalahan kalibrasi ialah penyesuaian pembubuhan nilai pada garis skala pada saat pembuatannya. Kesalahan tersebut dapat diatasi dengan cara mengkalibrasi ulang instrument terhadap instrument yang standar.

Yang kedua ialah kesalahan titik nol. Kesalahan titik nol, seperti titik nol skala yang tidak berimpit dengan titik nol jarum penunjuk atau kegagalan dalam mengembalikan jarum penunjuk ke arah nol sebelum melakukan kegiatan pengukuran. Kesalahan titik nol dapat diatasi dengan melakukan koreksi pada penulisan hasil pengukuran.

Yang ketiga ialah kesalahan komponen lain. Kesalahan komponen lain misalnya melemahnya pada pegas yang digunakan atau terjadinya gesekan antara jarum dengan bidang skala.


Yang keempat ialah kesalahan arah pandang membaca nilai skala bila ada jarak antara jarum dan garis-garis skala.

Penyebab kesalahan harus bisa kita kenali dan kemudian kesalahan itu harus dihilangkan.   


No comments:

Post a Comment