Sunday, 20 November 2016

Alat Ukur Panjang dan Keteletiannya dalam Ilmu Fisika

Alat Ukur Panjang dan Keteletiannya dalam Ilmu Fisika sangat disarankan untuk dipelajari dan dipahami jika ingin mendalami ilmu fisika. Pada umumnya Alat Ukur Panjang dan Keteletiannya dalam Ilmu Fisika itu ada beberapa alat untuk mengukur panjang. Alat Ukur Panjang dan Keteletiannya dalam Ilmu Fisika misalnya mistar, jangka sorong, micrometer sekrup.
 
Mistar
Mistar
Baiklah kita akan langsung membahas Alat Ukur Panjang dan Keteletiannya dalam Ilmu Fisika yang pertama yaitu mistar. Jika kita menengok kebelakang ternyata kita sudah pernah menggunakan mistar pada waktu kita dulu duduk dibangku SMP.

Mistar yang yang kita gunakan dulu dengan panjang skalanya 30 cm. Mistar yang kita gunakan dulu itu adalah untuk mengukur besaran panjang. Kita kadang-kadang sekarang pun masih menggunakan mistar untuk mengukur panjang. 1 mm atau 0,1 cm adalah jarak antara dua gores pendek yang saling berdekatan yang ada pada mistar.


Jadi sekarang kita jadi tahu bahwa mistar yang sering kita gunakan ternyata mempunyai skala terkecil yaitu 1 mm atau 0,1 cm. Mistar yang biasa kita gunakan itu ternyata mempunyai ketelitian. Setengah dari skala terkecilnya ialah ketelitian dari mistar. Keteltitian sama dengan ketidak pastian. Jadi ketidakpastian mistar atau ketelitian mistar ialah 0,5 X 1 mm = 0,5 mm atau 0,05 cm. Dengan ketidakpastian mistar atau keteltian mistar 0,05 cm maka mistar itu bisa kita pergunakan untuk mengukur suatu panjang buku-buku atau pulpen kita.

Untuk melanjutkan artikel ini silahkan membaca artikel yang berjudul Jangka Sorong dan Micrometer Sekrup Untuk Mengukur Panjang.






No comments:

Post a Comment