Tuesday, 25 October 2016

Tanah dan Jenis Tanah


Tanah dan Jenis Tanah sangat penting untuk dipelajari oleh siapa saja yang ingin mendalami tentang ilmu bangunan. Lapisan lepas yang di sana sini meliputi bumi, kita namai tanah. Tanah ini, dibanding dengan batu yang jauh lebih banyak memberikan hambatan, dapat agak mudah kita kerjakan.
 
Tanah dan Jenis Tanah
Tanah dan Jenis Tanah
Pengerjaan suatu material berkaitan erat dengan sifat dan susunan yang dimilikinya. Karenanya pengetahuan perihal sifat, susunan dan perilaku tanah penting sekali kita ketahui. Hampir semua bangunan difondasikan dalam tanah. Untuk fondasi termaksud diterapkan berbagai teknik, yang seringkali memerlukan sejumlah besar biaya. Agar kita dapat bekerja seekonomis mungkin, pengetahuan perihal dasar tanah merupakan hal yang sangat penting.

Dalam kaitan ini, keamanan pun sama sekali tidak boleh diabaikan. Susunan tanah bisa kasar berbutir-butir atau seolah berserat, tergantung dari jenis dan asalnya. Jenis-jenis tanah yang berbutir-butir adalah kerikil, pasir, tanah liat dan lumpur.



Suatu jenis yang seolah berserat adalah veen (jenis tanah yang terdapat di Eropa). Dalam jumlah terbatas, terdapat pula di negeri Belanda tanah karang dan mergel (tanah gemuk, yang susunannya terdiri dari tanah liat dan kapur asam arang). Pada Umumnya berbagai jenis tanah merupakan suatu campuran, sehingga tidaklah selalu mudah untuk mengetahui jenis tanah apakah sebenarnya yang sedang kita hadapi.   

No comments:

Post a Comment