Tuesday, 12 April 2016

PERGI KE PANTAI SUWUK KEBUMEN


Pantai Suwuk berada di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Banyak jalur alternatif yang bisa dilewati. Bila dari arah Gombong butuh waktu sekitar 45 menit, namun jika dari arah Kota Kebumen menbutuhkan waktu 1 jam. Begitu juga bila dari Pantai Petanahan. Jika dari Jalan Daendeles bisa langsung sampai Pantai Suwuk.

Wisata di Pantai Suwuk ini sebenarnya tidak jauh berbeda  dengan wisata pantai-pantai di daerah Kebumen lainnya. Pemandangan Pegunungan Kapur yang indah terbentang dari utara sampai selatan, dan menuju langsung perbatasan pegunungan dan Pantai Karang Bolong. Jika ingin memanjakan hati bisa menyewa kuda untuk mengelilingi Pantai Suwuk. Suasana senang setelah melihat pemandangan sekitar pantai, bisa juga dengan mencicipi makanan khas disepanjang Pantai Suwuk seperti: pecel, lontong, es kalapa ijo, peyek ubur-ubur dan lain-lain.

Para pengunjung bisa sambil memancing di batu-batuan yang tertata yang di buat untuk memecahkan ombak. Jika belum selesai bisa dilanjutkan menonton macam-macam hewan yang ada di kebun binatang mini Pantai Suwuk, seperti : macam-macam burung, reptil, dan hewan mamalia lainnya.

Diantara sekian banyak pengunjung, Sukron adalah salah satunya. Sudah berulang kali dia mengunjungi pantai ini. Kiranya tak bosan bosanya Ia. Terahir kalinya dia menapaki pasir ini, menyimpan kelam dan sayatan lara. Masih terbayang, bagaimana Dina mencampakanya, seolah binatang yang tak berhati. Cinta mungkin menyakitkan, dan itu adalah resiko yang ia terima, pantai suwuk ini menjadi saksi kenestapaanya. Dulu, ketika Dina masih menjadi kekasihnya, di pantai ini ia menyimpan seribu kasih, namun sekarang hanyalah kenangan yang merobek hati yang luka. Sakit dan sakit ketika Sukron mengenang kenangan itu. Semilir angin pantai dan debur ombak tak sanggup meredam luka yang telah menggores riwayat jejaknya. Kepiting  dan undur-undur pun lewat di depanya dengan acuh, seolah mengejek, betapa lemahnya dirinya. Ia bertanya pada pasir, namun pasir hanya diam membisu. Sepoi angin berlalu dan seolah membisikan sesuatu, “mengapa semua ini dapat terjadi?”


Masa depan dan masa lalu memang berbeda. Kini hanya masa depanlah yang menjadi harapan seorang siswa smk tersebut. Sukron telah melalui masa sekolah menjadi seorang pelajar. Beribu-ribu pasir dan sampai tak terhitung oleh manusia. Manusia merupakan makhluk Tuhan yang merupakan bagian terkecil dari makhluk –NYA Yang Maha Kuasa, termasuk pantai suwuk yang ia kunjungi. Sukron pada saat itu pergi ke pantai suwuk dan sebelum berangkat Berjalan ke pantai suwuk sukron memepersiapkan perlengkapan untuk pergi ke sana. Di jalan ke tempat tersebut kira-kira hanya setengah jam menggunakan kendaraan bermontor. Sukron menggunakan kendaraan untuk menuju lokasi. Dari petanahan sampai puring sampailah suwuk tepatnya kecamatan puring kabupaten kebumen. Pada hari itu pagi hari jam delapan menempuh dengan menggunakan motor terus dilanjutkan dengan jalan kaki dari puring ke pantai suwuk. Di pinggir jalan menuju lokasi, terdapat banyak pohon pepaya jambu, dan lain-lain. Karena didaerah pesisir di kebumen rata-rata petani buah-buahan dan sayur, didukung tanahnya yang subur banyak pohon-pohon yang masih terasa asri pemendangan di pinggir jalan menuju lokasi. Sesampai di sana memang pemandangan pantai suwuk memang indah.


Itulah kuasa Tuhan yang Maha Esa, berbanggalah kita sebagai penduduk kota Kebumen karena mempunyai pantai-pantai yang mempunyai panaroma keindahan yang sangat menajubkan. Dengan demikian kita sebagai penduduk kota kebumen harus menjaga kelestarian alam yang dimiliki oleh kota tercinta kita ini.

No comments:

Post a Comment