Wednesday, 13 April 2016

Kelangkaan dan Pengalokasian Sumber Daya

Ekonomi dan manusia adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Silahkan anda mencoba memperhatikan lingkungan disekitar anda. Kalau anda perhatikan bahwa setiap pagi sampai malam orang-orang banyak yang melakukan berbagai macam aktivitas hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seandainya jika anda menyempatkan untuk membaca koran pada pagi hari atau anda menyempatkan untuk melihat televisi, anda pasti akan menemukan banyaknya berbagai masalah ekonomi yang sedang dihadapi oleh suatu negara.


Sebagai contoh masalah ekonomi dalam suatu negara misalnya, perdagangan bebas, inflasi, penurunan tingkat suku bunga dan lain-lain. Tentu saja tidak semua masalah yang dihadapi di dunia ini ialah masalah ekonomi saja. Akan tetapi, masalah yang bukan ekonomi itu juga memiliki sebuah dimensi ekonomi.

Kita akan mengambil contoh misalnya tentang “Teknologi penyemaian awan untuk menghasilkan hujan”. Teknologi itu ialah salah satu keberhasilan dibidang ilmu dan teknologi. Walaupun demikian, hujan buatan tersebut akan menanggulangi kekeringan yang melanda disuatu daerah dan akan menghidupkan kembali dibidang sektor pertanian pada daerah tersebut. Dengan demikian sebenarnya apakah pengertian dari ekonomi dan apakah yang menyebabkan timbulnya ekonomi? Pertanyaan itu akan kita jawab di bawah ini.

Ekonomi ialah ilmu yang mempelajari tentang penggunaan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Setiap manusia memerlukan makanan, minuman, pakaian, hiburan, dan lain-lain.

Kebutuhan itu semua digunakan untuk dapat mempertahankan keberlangsungan hidupnya. Tetapi, tidak semua kebutuhan manusia itu bisa dipenuhi semua. Hal itu terjadi dikarenakan bahwa sifat manusia itu yang tidak akan pernah puas dari segala sesuatu yang dimilikinya, dan sumber daya yang ada itu juga tidak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan manusia itu.

Keterbatasan sumber daya itulah yang selanjutnya di kenal dengan nama kelangkaan, dan menuntut manusia untuk mengatasi masalah itu supaya segala kebutuhannya bisa tetap terpenuhi. Cara-cara manusia dalam mengatasi masalah pemenuhan kebutuhan itulah yang pada akhirnya akan memunculkan sebuah ilmu baru. Ilmu itu yang diberi nama dengan nama “ilmu ekonomi”.

Memang kelangkaan itu ialah suatu hal yang tidak bisa dihindari dan akan menjadi masalah pokok dalam ekonomi. Konsep kelangkaan itu sangat terkait dengan dua hal, yaitu kebutuhan dan keinginan. Hal ini disebabkan dikarenakan pada dasarnya kebutuhan dan keinginanlah yang melahirkan adanya kelangkaan. Hal itulah kenapa sebelum memasuki ke dalam pembahasan mengenai kelangkaan, terlebih dahulu akan kita bicarakan masalah kebutuhan dan keinginan.


Kebutuhan dapat kita artikan sebagai hal yang sangat kita butuhkan. Sehingga tanpanya, aktivitas hidup kita akan terganggu. Kebutuhan contohnya misalnya ialah makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Makanan sangat penting dalam kehidupan kita karena kita tidak akan bisa hidup tanpa makanan. Pakaian juga sangat penting dalam kehidupan. Tempat tinggal juga sangat penting dalam kehidupan.

Jika kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi, sedangkan keinginan belum tentu demikian. Keinginan tidak harus dituruti semua. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa keinginan ialah suatu hal yang ingin kita miliki, tetapi seandainya kita tidak bisa mendapatkannya, maka kelangsungan hidup kita sebagai manusia tidak akan terancam.

Kita mungkin ingin mempunyai mobil mewah, berlibur ke Bali, perhiasan mewah, dan lain-lainnya. Tetapi jika kita tidak mendapatkannya, hal itu tidak akan jadi masalah besar bagi kita. Kita masih bisa melangsungkan kehidupan kita. Jadi antara kebutuhan dan keinginan itu sedikit berbeda. Kalau kebutuhan itu sebaiknya kita berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhinya, sedangkan kalau keinginan itu tidak wajib harus dipenuhi semua.    



No comments:

Post a Comment