Tuesday, 2 February 2016

Sehat Dimulai dari Dapur Rumah Kita

Semua orang pasti mendambakan tubuh yang sehat. Harta yang tak ternilai harganya adalah tubuh yang sehat. Banyak orang ingin tubuhnya sehat namun yang dilakukan itu hanya berpangku tangan saja dan hanya berkhayal saja. Orang itu tidak mau dan tidak pernah melakukan usaha supaya tubuh orang itu tetap sehat dan tidak sakit. Sebagian besar bahkan dari mereka tidak tahu apa makna sehat dan dari mana awal sehat itu. Kalau ada pertanyaan, darimanakah sehat itu berawal? Jawabannya adalah sehat berawal dan dimulai dari dapur rumah kita.


Dari dapur rumah kita itulah sehat dimulai. Banyak dari kita yang untuk mempercantik dan memperidah dapur rumah kita dengan menghabiskan biaya begitu besar. Tetapi, sedikit sekali atau mungkin dapat dikatakan tidak ada orang yang sempat berpikir tentang makanan dan minuman sehat apa yang akan pada dapur rumahnya. Memang sebagian besar kita berpikir makanan enak apa yang akan dibuat pada dapur kita. Kelihatannya aneh sekali rasanya, jika kita Cuma berpikir tentang bagaimana memperindah dan mempercantik dapur kita, tanpa sempat berpikir makanan yang sehat apa yang akan dihasilkan dari dapur orang itu.

Kita perlu mengingat bahwa makanan yang kita konsumsi akan menentukan kualitas bagi kesehatan kita. Kita sebaiknya mulai saat ini untuk berpikir dan berbuat, bagaimana tekniknya supaya bisa membuat makanan yang tidak hanya enak dilidah saja, akan tetapi juga sehat untuk badan kita. Konsumsilah berbagai jenis sayur dan buah serta rempah-rempah alami yang telah ada. Bervariasikanlah warna dan jenis serta rasanya. Tuhan menciptakan berbagai jenis warna, dan rasa dari buah dan sayur tidak semata-mata untuk keindahan, tetapi semua itu diciptakan dengan beragam manfaat dan fungsinya, dan juga memiliki kandungan nutrisi yang berbeda.

Semakin cepat tubuh kita akan menjadi aus atau rusak jika semakin banyak kita makan makanan yang hanya enak dilidah saja, tetapi makanan itu miskin nutrisi dan banyak kandungan zat aditif yang berbahaya. Ada sebuah data yang mengatakan bahwa sebanyak 80-90% dari berbagai bentuk asal mula kanker adalah sangat berkaitan erat sekali dengan makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai memilih makanan sehat yang mempunyai sifat antikarsinogenik.


Apabila kita menginginkan tubuh kita semakin sehat maka kita dianjurkan untuk banyak mengosumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan organik yang bergizi dan berserat. Memang sulit dan mahal jika kita memperoleh sayuran dan buah organik. Tetapi, paling tidak kita makan buah-buahan dan sayuran yang banyak dijual dipasaran, itu lebih baik daripada jika kita tidak mengonsumsinya sama sekali. Hal yang perlu diingat adalah sebelum makan makanan itu sebaiknya dicuci dulu yang bersih dengan menggunakan air mengalir supaya sisa-sisa herbisida, pestisida, atau fungisida akan segera dapat hilang. Kita akan menekankan sekali lagi bahwa sehat atau tidak sehatnya suatu keluarga itu bergantung dari sejauh mana dapur dirumahnya dapat menghasilkan makanan dan minuman yang tidak hanya enak, tetapi juga menghasilkan makanan yang sehat.

Manusia membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Hal yang utama adalah makanan dengan gizi yang seimbang. Pada dasarnya zat-zat gizi utama yang terkandung pada makanan ialah karbihidrat, protein, asam lemak esensial, vitamin, mineral, dan air.

Karbohidarat
Dalam sehari Karbohidrat disarankan 60% dari total kalori . Contoh karbohidrat adalah: nasi, gandum, tepung terigu, roti, bihun, pasta, kentang, singkong, dan ubi.

Protein
Dari total kalori bahwa protein dibutuhkan berkisar antara 20-50%. Contoh protein misalnya:kacang kedelai, kacang tanah, ikan laut, ikan air tawar, sapi, daging ayam tanpa kulit, dan kerbau.

Lemak
Dari total kalori yang meliputi lemak hewani dan nabati maka lemak disarankan tidak lebih dari 25%. Contoh lemak misalnya: minyak goreng, alpukat, mentega, kelapa danlain-lain.

Vitamin
Vitamin itu bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna kurang lebih 10 % untuk tubuh kita.

Mineral
Mineral bisa didapatkan dari buah-buahan yang banyak mengandung air dan serat sebanyak 10%.

Air
Air diperlukan sampai 50% dari konsumsi tubuh kita. Air itu bisa didapatkan dari buah-buahan atau masakan berkuah. Kita juga diusahakan minum air putih sebanyak 1,5 liter per hari.

Kalau ada pertanyaan, apakah tujuan utama kita makan? Jawabanya adalah bahwa tujuan utama kita makan yaitu:
1.  Untuk menjaga keseimbangan asam basa darah.

2.  Untuk memberi asupan nutrisi yang lengkap dengan gizi seimbang.

No comments:

Post a Comment