Monday, 1 February 2016

Makna Tidur untuk Kesehatan

Kita tahu bahwa dalam satu hari itu ada waktu siang dan ada waktu malam. Orang yang bisa mengatur waktu adalah memanfaatkan waktu siang untuk bekerja dan memanfaatkan waktu malam untuk tidur (istirahat). Kalau kita melihat di jaman sekarang banyak yang melawan ketentuan hukum alam, misalnya kerja diwaktu malam hari dan tidur diwaktu siang hari.
 

Sebagian besar dari mereka beranggapan bahwa yang penting tidur mereka tidak kurang dari 8 jam/hari. Padahal dalam tidur itu kualias tidur lebih penting daripada jumlah jam/lamanya mereka dalam tidur. Kita kalau tidur disiang hari dan tidur dimalam hari walaupun jumlah jam tidurnya sama maka hasilnya tidak akan pernah sama kuaitasnya. Pasti akan lebih baik kualitasnya yang tidur diwaktu malam hari. Perlu kita pahami bahwa untuk memperbaiki jaringan-jaringan sel yang rusak di dalam tubuh pada umumnya dilakukan disaat tidur. Oleh sebab itu, jika kita sering kurang tidur atau tidak mempunyai kualitas tidur yang baik, maka cepat atau lambat stabilitas daya tahan tubuh kita akan terganggu dan akan mudah terserang penyakit.

Seandainya ada sorang pemimpin perusahaan yang sering sekali kurang tidur, maka pemimpin perusahaan itu biasanya akan kurang bijak dalam memimpin perusahaannya karena kualitas fisik, mental, dan emosional sangat dipengaruhi oleh baik tidaknya kualitas pemimpin perusahaan itu dalam tidunya. Hal itu berlaku juga untuk setiap orang dengan pekerjaan apa pun itu. Dapat kita simpulkan bahwa ternyata kualitas kerja itu sangat dipengaruhi pada kualitas tidur setiap orang, apakah dia seorang petani, pelajar, guru atau pengusaha. Kalau ia mau mencapai sukses yang lebih baik maka setiap orang harus belajar mengoptimalkan kualitas tidurnya.

Di era sekarang tidak jarang orang berusaha memperbiki kualitas tidur dengan cara yang salah, misalnya makan berbagai obat tidur (baik obat tradisional maupun obat kimia sintesis lewat resep dokter). Mungkin mereka tidak mengerti bahwa obat tidur itu terkadang hanya bisa menolong sesaat waktu saja, tapi tidak untuk memperbaiki kualitas tidur.

Sekarang kita akan membahas Cara alami untuk mengoptimalkan kualitas tidur. Supaya kualitas tidur kita baik maka sebaiknya kita melakukan cara-cara ini.

Cara alami untuk mengoptimalkan kualitas tidur adalah sebagai berikut:


1.  Sebaiknya anda melakukan kegiatan olahraga minimal 2 hari 1 X secara teratur dengan tujuan anda dapat mengeluarkan keringat. Jika Anda sering sulit tidur, maka anda sebaiknya melakukan kegiatan ini di waktu sore hari supaya relaksasi otot mudah dibentuk pada saat malam harinya untuk memudahkan rasa mengantuk.

2.  Sebaiknya anda menghindari banyak minum disaat mejelang tidur, akan tetapi anda minumlah dua jam atau empat jam sebelum anda tidur, supaya pada saat tidur anda tidak diganggu oleh rasa ingin buang air kecil pada saat malam hari.  

3.  Sebaiknya anda menghindari makan makanan yang padat pada waktu malam hari. Empat jam sebelum tidur sebaiknya anda sudah berhenti makan. Jika waktu menjelang tidur anda masih terasa lapar, sebaiknya anda makan makanan buah-buahan saja. Jika makan padat menjelang tidur dilakukan, maka akan mengganggu kualitas tidur anda, dan pengolahan makanan pun tidak dapat diolah dengan baik pada waktu tidur. Hal itu dikarenakan pada saat tubuh istirahat diwaktu malam hari, yang seharusnya energi tubuh dipakai maksimal untuk melakukan perbaikan jaringan yang rusak, energi tubuh ini justru tidak melakukannya secara maksimal sebab sebagian terkuras untuk mengolah makanan. Kalau sudah terjadi seperti itu maka akibatnya kita sering merasakan tidur selalu tidak segar pada saat kita bangun. Mungkin malah badan akan merasakan pegal-pegal dipagi harinya.


4.  Seabaiknya selalu berdoa dan mengakhiri kegiatan kita dengan senyuman sebelum kita tidur. Walau Cuma beberapa saat menjelang tidur sebaiknya ajaklah tubuh kita tersenyum. Dengan kita melakukan yang baik tadi maka akan memperbaiki kualitas tidur kita.

No comments:

Post a Comment