Thursday, 18 February 2016

Makanlah Ketika Lapar dan Berpuasalah Ketika Sakit

Pengertian dari puasa banyak sekali macamnya, tergantung dari latar belakang dan maksud dari puasa itu sendiri. Pengertian yang paling umum menurut umat islam ialah tidak makan ataupun minum serta tidak melakukan hal-hal yang bisa membatalkan puasa, misalnya: mengumpat, memaki, bergunjing, bersenggama pada siang hari, tidak bisa menahan amarah, dan lain-lain.


Banyak sekali alasan dan latar belakang orang melaksanakan puasa. Bahkan di era sekarang puasa dapat dilaksanakan karena gaya hidup atau tren. Tetapi, latar belakang yang paling umum ialah karena agama. Berikut macam-macam puasa yaitu:

1.  Puasa Agama

Hampir semua agama yang ada di dunia ini mengenal dan mewajibkan penganutnya untuk melakukan puasa. Pada umumnya mereka berpuasa karena perintah agama yang tujuannya adalah untuk mensucikan jiwa.

2.  Puasa Ekonomi

Manusia di dunia ini tidak sedikit yang melakukan puasa karena alasan ekonomi. Orang-orang yang melakukan puasa karena alasan ekonomi itu tidak makan ataupun minum sebab memang sudah tidak punya apa-apa lagi untuk dimakan. Orang-orang yang melakukan puasa ekonomi ini ialah orang-orang yang memang status ekonominya sangat kekurangan, sehingga jangankan untuk membeli pakaian atau rumah, hanya untuk makan saja bahkan mereka harus kerja keras walaupun hanya untuk memperoleh sesuap nasi.

3.  Puasa Sosial

Jika ada seseorang melakukan puasa sosial atau puasa karena alasan sosial biasanya seseorang itu melakukan puasa sosial itu karena empati kepada orang lain. Mereka melakukan puasa sosial supaya bisa merasakan bagaimana lapar dan juga hausnya orang-orang miskin yang kelaparan dan serba kekurangan. Mereka meyakini, bahwa dengan berpuasa karena alasan sosial maka mereka dapat merasakan bagaimana derita orang-orang miskin.

4.  Puasa Politik

Biasanya orang yang melakukan puasa politik biasanya disuatu negara tempat tinggal orang itu kehidupan politiknya selalu bergejolak. Pada umumnya mereka melakukan puasa sebagai bentuk protes atas kebijakan-kebijakan pemerintah. Mereka melakukan puasa itu supaya suara dan aspirasi mereka lebih didengar.

5.  Puasa Tren


Biasanya para wanita banyak melakukan puasa karena alasan tren dan gaya hidup. Pada umumnya mereka melakukan puasa untuk selalu menjaga berat badanya supaya tetap langsing atau ideal. Mereka biasanya akan melakukan apapun supaya tujuannya tercapai, bahkan dengan tidak makan ataupun minum alias berpuasa.

6.  Puasa Kesehatan

Puasa kesehatan ini maksudnya bahwa orang berpuasa karena alasan kesehatan. Mereka berkeyakinan bahwa dengan mereka berpuasa maka tubuh mereka akan tetap sehat. Bahkan banyak orang-orang berpuasa untuk mengoati berbagai jenis penyakit yang dideritanya. Dengan seiring berjalannya waktu dan semakin majunya penelitian tentang puasa, sekarang puasapun sudah diyakini menjaga supaya tubuh selalu teteap sehat dan bugar.


Pada Zaman sekarang yang sudah modern dan serba instan, Kita sulit untuk mencegah masuknya berbagai racun ke dalam tubuh kita. Dengan banyaknya racun sampai kita tidak sadar bahwa makanan yang kita kasihkan kepada anak-anak kita sejak dia kecil banyak sekali yang mengandung toksik. Banyak zat perasa, pewarna, ataupun pengawet yang terdapat pada makanan sampai melebihi batas ambang toleransi.


Semua penyakit, baik yang akut ataupun yang sudah kronis, itu semua berawal dari akumulasi toksik dan sampah dari hasil metabolisme tubuh. Timbulnya suatu penyakit itu dikarenakan adanya penumpukan toksik didalam tubuh yang sudah melewati batas toleransi. Sekarang kalau ada pertanyaan, “Bagaimana caranya supaya kita dapat menyembuhkan tubuh kita yang sakit karena diakibatkan oleh bertumpuknya toksik atau racun?” maka jawabannya adalah denga cara berpuasa. Berpuasa itu berfungsi untuk menyembuhkan tubuh kita yang sakit akibat bertumpuknya toksik atau racun. Dengan berpuasa maka akan mengeluarkan zat yang meracuni tubuh (detoks). Jadi dengan kita berpuasa dengan benar maka tubuh kita akan sehat.   

No comments:

Post a Comment