Thursday, 28 January 2016

Tubuh Kita ialah Mesin yang Paling Rumit

Salah satu mesin tercanggih yang paling rumit yang pernah Tuhan ciptakan adalah tubuh manusia. Kalau ada suatu pertanyaan, apakah manusia dapat menciptakan sebuah mesin seperti layaknya tubuh manusia? Maka jawabannya adalah bahwa sampai kapan pun manusia tidak akan pernah bisa menciptakan satu mesin seperti layaknya tubuh manusia. Tubuh manusia itu terdiri dari berbagai kompleksitas kerumitannya mampu secara teratur dan sinergi melakukan tugasnya masing-masing. Misalkan ada seorang dokter yang seluruh hidupnya dihabiskan untuk belajar tentang kerumitan mesin tubuh manusia, pada hakekatnya seorang dokter itu akan bisa memahami kerumitan tubuh manusia kurang dari 10 % nya saja.


Jika di laboratorium kita mengamati suatu sel dengan sekilas saja, maka kita mungkin akan tertipu oleh penampilan sel yang sangat sederhana, kelihatannya seolah-olah sel itu tampak kaku. Ternyata kenyataanya bahwa masing-masing sel yang ada di tubuh tidak jauh berbeda dengan kota-kota besar seperti surabaya, jakarta, dan kota-kota besar yang lainnya, yang tidak pernah berhenti selalu disibukan oleh berbagai macam kegiatan.

Pada tahun 1663 seorang ilmuwan Inggris telah berhasil membuktikan bahwa pada tubuh manusia itu adalah merupakan makhluk hidup yang terdiri dari satuan-satuan paling kecil yang selanjutnya di namakan dengan sel.

Seperti layaknya sebuah kota besar, pada setiap sel mempunyai ratusan bahkan mungkin sampai ribuan generator listrik, jaringan komunikasi yang rumit, sistem keamanan, sistem tranportasi, tenaga dan pabrik bahan bakar, bahkan cara mengelola sampah pun harus diperhatikan dan dikelola baik, supaya kota tu menjadi kota yang aman, tentram dan teratur untuk kenyamanan warga kota itu dan kemajuan kota itu juga.

Demikan pula dengan sel yang ada di dalam tubuh kita, sel yang di dalam tubuh kita mempunyai pabrik canggih yang bisa menghasilkan berbagai macam produk. Jika kita ibaratkan pabrik, untuk memproduksi suatu produk maka harus ada bahan bakunya terlebih dahulu dan kualitas produk pada akhirnya jadi sangat ditentukan oleh kualitas bahan baku yang ada di dalam bahan baku tersebut. Dengan demikan makanan yang kita makan dengan mutu terbaik maka akan menghasilan kualitas sel terbaik dalam tubuh kita.


Sistem pertahanan keamanan juga terdapat di dalam sel. Sistem pertahan itu di atur dengan cara yang sistematis dengan sistem komando pusat pemerintahan yang sangat hebat. Sitem pertahanan di dalam tubuh kita juga dilengkapi dengan macam-macam sensor yang sangat canggih untuk menjaga stabilitas keamanan lingkungannya dari berbagai ancaman yang datang dari luar.

Dalam tubuh manusia dewasa itu ada sekitar seratus triliun sel. Sel-sel itu dapat digolongkan ke dalam lebih dari 200 macam kelompok sel dengan bentuknya yang berfariasi.

Setiap sel-sel dalam tubuh kita itu berpengaruh pada seluruh aktivitas kita sehari-hari. Misalnya, pada waktu kita membaca sebuah buku, maka sel-sel batang dan sel-sel kerucut matalah yang akan menerima bayangan huruf-huruf tulisan dari buku itu, kemudian akan dikirimkan menuju ke otak untuk selanjutnya akan diterjemahkan oleh otak tersebut. Pada waktu kita memikirkan arti kalimat demi kalimat, maka sel-sel otaklah yang akan bekerja mengasih tau pengertian itu.

Sel itu mempunyai selaput pembungkus sel. Selaput pembungkus sel merupakan cairan ajaib. Isi dari sel itu dibungkus oleh selaput yang sangat tipis yang sifatnya mendekati cair, yang sangat ketat dan efektif dalam menjalankan fungsinya sebagai penjaga pintu. Pada selaput pembungkus sel inilah yang dapat mentukan apa saja yang  diperbolehkan keluar atau yang diperbolehkan masuk ke dalam sel dan ia akan berfungsi menjaga keseimbangan supaya semua zat yang dibutuhkan tersedia dengan jumlah yang tepat, tidak kelebihan dan juga tidak kekurangan.




No comments:

Post a Comment