Monday, 4 January 2016

Pengertian Otomotif Penting untuk Dipahami

Pengertian Otomotif penting untuk dipahami oleh siapa saja yang ingin mendalami otomotif lebih dalam. Pengertian otomotif ialah ilmu yang mempelajari mengenai alat-alat transportasi darat yang mempergunakan mesin, terutama pada mobil dan pada sepeda motor. Ilmu otomotif ini mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil.


Seiring dalam perkembangan zaman, mobil memang semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang dapat digolongkan dalam puluhan sistem dan subsistem. Dengan demian, ilmu otomotif pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua sistem dan subsistem.

Jika kita mempelajari otomotif maka kita juga mempelajari Mobil dan sepeda motor. Karena mobil dan sepeda motor adalah bagian dari ilmu otomotif itu. Sekarang kita akan membahas pengertian mobil dulu. Pengertian mobil ialah kendaraan darat yang dapat bergerak dengan bantuan tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya mempergunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Contoh mobil misalnya: mobil ambulan yang khusus untuk mengangkut orang yang sakit, korban kecelakaan, dan lain-lain. Contoh yang lain misalnya mobil dinas. Mobil dinas ialah milik instansi (perusahaan dan sebagainya) dan dipergunakan untuk keperluan melaksanakan tugas pekerjaan instansi atau  perusahaan.

Sekarang kita akan membahas pengertian sepeda motor. Sebenarnya apa sih pengertian sepeda motor itu? Mungkin pertanyaan itu yang ada dibenak kita sekarang. Pengertian dari sepeda motor ialah kendaraan berroda dua yang tenaganya berasal dari sebuah mesin. Roda dalam sepeda motor sebaris dan jika pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil dan tidak terbalik, hal itu dikarenakan oleh gaya giroskopik. Pada kecepatan yang rendah pengatuaran berkelanjutan setangnya oleh pengendarannya sehingga memberikan kestabilan.

Variasi dalam sepeda motor sangat banyak, beberapa sepeda motor dilengkapi dengan papan kaki dan bukan gagang injekan, contohnya seperti pada motor tongkok dan pada mobil samping juga beroda tiga, yang biasanya disebut dengan trike.

Sepeda motor macamnya sangat banyak. Dibawah ini akan dijelaskan macam-macam motor. Macam-macam motor antara lain:

1.  Cruiser
Jenis sepeda motor ini biasanya memiliki posisi stang yang tinggi, posisi pada kakinya yang relatif ke depan, dan posisi kursinya yang rendah. Posisi mengemudi yang seperti ini menciptakan kenyamanan ergonomika pada pengemudinya. Karena desainnya yang seperti itu maka Sepeda motor cruiser memiliki daya belok yang terbatas.

2.  Dual Sport
Dual sport mempunyai letak posisi mesin yang tinggi, pada dual sport juga memiliki ban dengan permukaan khusus untuk melewati berbagai jenis medan dan posisi pada stang dibuat untuk dapat dikendalikan dengan mudah pada saat melewati hambatan. Sepeda motor macam ini mempunyai pengaturan mesin yang berpusat di tenaga pada putaran bawah dan tenaga mesin dipusatkan pada gigi-gigi yang lebih rendah seperti gigi 1 dan gigi 2. Pada dual sport beratnya dibuat seringan mungkin demi mengembangkan di kemampuan menjelajahi diberbagai medan.

3.  Touring
Touring merupakan jenis sepeda motor yang dipergunakan untuk kenyamanan diperjalanan yang jauh. Kebanyakan sepeda motor untuk touring mempunyai fitur-fitur yang mewah seperti TV, GPS, radio, kursi penumpang yang besar, dan lemari yang banyak.

4.  Skuter
Skuter adalah jenis sepeda motor yang berukuran kecil dan mempunyai konsumsi bensin yang baik selain itu juga lincah dalam menyelip lalu lintas.

5.  Bebek
Bebek atau nama lainnya adalah moped ialah jenis sepeda motor yang dahulunya adalah sepeda bertenaga pedal manusia dan setengah listrik, pada saat ini menjadi sepeda motor bertenaga bensin. Pada moped mempunyai pengendalian yang melebihi skuter tetapi lebih ekonomis dari motor sport.

6.  Motor Sport
Motor sport ialah jenis sepeda motor yang mempunyai performa dan pengendalian yang lebih. Upaya pengendalian lebih terkendali maka posisi mengemudi pun dipusatkn untuk menjaga titik gravitasi.

7.  Sport Touring

Sport touring adalah sepeda motor gabungan antara touring dan sport. Sepeda motor touring adalah speda motor sport yang masih mempunyai faktor-faktor kenyamanan.

No comments:

Post a Comment