Tuesday, 5 January 2016

Memahami Struktur dan kaidah Teks Prosedur Komplek

Apakah anda pernah membeli produk baru, seperti laptop baru, ponsel baru, TV baru, Sepeda motor baru, baju baru, dan lain-lain, yang belum pernah anda ketahui cara menggunakannya? Bagaimana seandainya tidak ada petunjuk penggunaanya? Sulit, bukan? Atau pernahkah anda melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas yang kegunaanya tidak jelas. Artikel ini akan mengajarkan anda cara melaksanakan sesuatu pekerjaan atau cara menggunakan sesuatu, yang biasa disebut prosedur kompleks.


Prosedur menurut kata ahli artinya cara mengerjakan suatu pekerjaan menurut tingkat-tingkatanya. Di dalam kehidupan di dunia ini, anda tidak lepas dari berbagai kepentingan, misalnya kepentingan mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP), mengirim uang, membayar listrik, membayar pajak, membuat Karu Kerluarga, dan lain-lain. Kepentingan-kepentingan itu dapat kita selesaikan dengan memahami langkah-langkah melakukanya.  Dengan kita mengetahui langkah-langkahnya maka kita akan bisa melakukan suatu tugas atau pekerjaan tersebut. Dengan kita mengetahui caranya itu kemungkinan besar pekerjaan akan diselesaikan dengan baik.


Petunjuk melaksanakan suatu pekerjaan memang harus dipelajari secara rinci supaya pekerjaan harian kita lancar selalu, tugas-tugas kita dapat diselesaikan dengan baik, dan kerja kita selalu berhasil. Kita tidak dapat membayangkan misalnya ada seseorang yang mau membayar uang atau mentransfer uang lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tetapi tidak tahu prosedurnya. Yang jelas, supaya kerja kita efektif, kita perlu mempelajari dan memahami prosedur-prosedur yang harus kita ikuti untuk dilakukan.

Alur pekerjaan merupakan prosedur melakukan pekerjaan. Yang di sebut prosedur kompleks adalah alur pekerjaan. Alur-alur tersebut tersusun kedalam cara yang urut. Tidak diperbolehkan ada yang dibalik ataupun dikurangi sehingga hasilnya jadi maksimal. Oleh karena itu, kita perlu mempelajari struktur dan kaidah dalam prosedur kompleks.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Pada umumnya, struktur teks prosedur kompleks terdiri dari 5 bagian. Nah, lima bagian itu adalah yang membentuk alur kerja dan menggambarkan prosedur tertentu. Kelima bagian itu ialah tujuan, langkah 1, langkah 2, langkah 3, langkah 4, dan penutup. Di bawah ini akan dijelaskan secara rinci tentang kelima bagian-bagian tersebut.

1.  Tujuan
Pada sebuah prosedur diawali pendahuluan dengan menjelaskan tujuan dan menambah sedikit penjelasan untuk menuju ke langkah-langkah kerja yang akan ditempuh. Biasanya pada bagian ini menunjukkan suatu hal yang akan dijelaskan pada teks.

2.  Langkah 1
Pada langkah 1 ini berupa langkah pertama seseorang melaksanakan pekerjaan, yang akan dilanjutkan kepada langkah yang berikutnya.

3.  Langkah 2
Pada langkah 2 ini berisi melanjutkan langkah yang pertama dan akan dilanjutkan ke langkah yang berikutnya.

4.  Langkah 3
Pada langkah 3 ini isinya melanjutkan langkah yang kedua dan dilanjutkan ke langkah keempat.

5.  Langkah 4
Pada langkah 4 ini merupakan langkah yang terakhir seandainya prosedur itu hanya terdiri dari 4 langkah saja. Prosedur yang yang terdiri dari 4 langkah ini adalah termasuk prosedur yang sederhana untuk sebuah langkah kerja. Pada umumnya ini terjadi pada pekerjaan sehari-hari.        

6.  Penutup
Pada bagian penutup ini ialah bagian akhir teks prosedur kompleks. Penutup ialah penegasan langkah atau simpulan prosedur kerja.Tetapi bagian penutup ini tidak selalu ada. Biasanya setelah sampai pada langkah terakhir maka pekerjaan sudah selese.

Kidah Teks Prosedur Kompleks

Dibutuhkan pengetahuan untuk mengenal kaidah teks prosedur kompleks, untuk lebih memahami teks prosedur kompleks. Kaidah Teks Prosedur kompleknya antara lain:

1.  Menggunakan kalimat interogatif, imperatif, dan deklaratif

2.  Menggunakan langkah/urutan

3.  Menggunakan partisipan dan nomina

4.  Menggunakan kata kerja / verba


5.  Menggunakan kata sambung atau konjungsi.

No comments:

Post a Comment