Wednesday, 6 January 2016

Lanjutan Penyakit pada Manusia yang Disebabkan oleh Virus (2)

Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Lanjutan Penyakit pada Manusia yang Disebabkan oleh Virus (1). Sebaiknya anda membaca dulu artikel sebelumnya yaitu Lanjutan Penyakit pada Manusia yang Disebabkan oleh Virus (1).

Baiklah kita sekarang akan langsung membahas kelanjutan dari penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus. Penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus antara lain:

d.  Cacar Air dan Herpes Zoster

Varicella zoster virus (VCV) adalah suatu virus yang menyebabkan penyakit cacar air dan herpes zoster pada manusia. Jadi yang menyebabkan penyakit cacar air dan herpes zoster adalah virus yang sama. Virus VCV ini bisa langsung menyebabkan penyakit atau bisa menetap selama beberapa tahun, setelah itu baru kemudian dapat menimbulkan penyakit cacar air atau penyakit herpes zoster.


Sekitar dua minggu adalah masa inkubasi penyakit cacar air ini. Ciri-ciri apabila manusia terkena penyakit cacar air ialah timbul gelembung-gelembung berair di kulit yang terasa gatal, demam, sesak napas, dan pegal linu.

Herpes Zoster adalah kelanjutan dari penyakit cacar air. Penderita herpes zoster ialah manusia yang sebelumnya pernah terkena penyakit cacar air. Herpes soster disebabkan karena VCV yang menetap di ujung saraf selama bertahun-tahun dapat aktif kembali ketika daya tahan tubuh menurun. Penyakit herpes zoster ini dapat ditandai dengan timbulnya gelembung-gelembung berair seperti pada penyakit cacar air.

Penyakit cacar air dan penyakit herpes zoster bisa menular dari udara seandainya udara mengandung partikel virus yang asalnya dari penderita yang batuk atau bersin. Pemberian vaksin VCV untuk mendorong pembentukan kekebalan tubuh adalah salah satu pencegahan dari penyakit cacar air dan penyakit herpes zoster.

e.  Hepatitis
Virus hepatitis adalah penyebab penyakit hepatitis atau pembengkakan hati pada manusia. Jenis-jenis virus hepatitis yang telah kita kenali antara lain virus hepatitis A, B, C, D, dan E.

Ciri-ciri umum apabila manusia terkena penyakit hepatitis ialah mual, muntah, deman, perubahan warna kulit, dan selaput lendir terlihat kuning.


Sekarang kita akan membahas jenis-jenis virus hepatitis itu. Yang pertama virus hepatitis A. Virus hepatitis A biasanya dapat menimbulkan penyakit hepatitis akut (timbulnya secara mendadak dan cepat memburuk). Yang kedua virus hepatitis B. Pada virus hepatitis B biasanya dapat menimbulkan hepatitis akut maupun kronis (berlangsung terus menerus). Bagi manusia yang menderita hepatitis B dan hepatitis C dapat mempunyai risiko menderita kanker hati. Selanjutnya virus hepatitis D. Pada virus hepatitis D hanya dapat menginfeksi tubuh yang sebelumnya sudah terkena penyakit hepatitis B. Sedangkan pada virus hepatitis E biasanya dapat menimbulkan ciri-ciri penyakit seperti ciri-ciri penyakit hepatitis A, akan tetapi pada masa inkubasinya lebih lambat. Walaupun seperti itu, penyakit hepatitis E sangat berbahaya terutama seandainya menginfeksi ibu yang sedang hamil.

Penyakit hepatitis dapat ditularkan melewati minuman yang terkontaminasi, penggunaan jarum suntik yang tidak steril, dan melalui tranfusi darah.

f.  Polio
Penyakit Polio atau poliomyelitis adalah suatu penyakit yang disebabkan dari virus polio. Seandainya virus polio menyerang pada manusia maka dapat menyebabkan lumpuh. Kenapa manusia itu dapat lumpuh ketika virus polio menyerang? Karena virus polio itu menginfeksi selaput otak (meninges) dan sumsum tulang belakang.

Virus polio ini biasanya menyerang anak-anak yang usianya antara 1 sampai 5 tahun. Virus polio ini bisa bertahan hidup pada air sampai berbulan-bulan, sehingga bisa menginfeksi manusia melalui air yang diminumnya. Sedangkan dalam keadaan yang beku, virus polio ini bisa bertahan sangat lama.

Penyakit polio ini sangat mudah berjangkit pada lingkungan dengan sanitasi yang buruk, bisa juga melalui peralatan makanan, atau bahkan melalui ludah juga bisa menyebabkan virus polio ini. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit polio ini sebaiknya anak-anak di imunisasi, supaya mempunyai kekebalan tubuh yang baik. Selain itu kita harus menjaga lingkungan dengah bersih dan indah.

Untuk melanjutkan artikel ini disarankan agar anda membaca artikel yang berjudul LanjutanPenyakit pada Manusia yang Disebabkan oleh Virus (3).



2 comments: