Sunday, 3 January 2016

Lanjutan Penyakit pada Manusia yang Disebabkan oleh Virus (1)


Setelah sebelumnya anda membaca artikel yang berjudul Peran Virus Dalam Kehidupan Manusia Perlu untuk Dipahami, maka selanjutnya anda membaca artikel ini. Artikel ini adalah lanjutan penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus. Kalau kita lihat kebelakang bahwa yang sudah kita pelajari penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus yaitu influenza dan campak. Sekarang kita akan melanjutkan penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus yaitu:

c.  Flu Burung
Pada tahun 1977 virus flu burung pertama kali dideteksi di Hongkong. Setelah itu kembali merebak diakhir tahun 2003. Sampai Februari 2004 virus flu burung telah menyebar luas ke 10 negara Asia. Negara Indonesia termasuk di antaranya dan memiliki jumlah kasus terbanyak dan jumlah kematian yang masih tinggi.

Flu burung atau avian influenza ialah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang biasanya menjangkiti unggas dan mamalia. Penyebab munculnya penyakit ini antara lain termasuk golongan virus infuenza tipe A, strain H5N1.

Sifat-sifat virus flu burung yaitu:

1.  Di air dapat bertahan hidup hingga 4 hari pada suhu 22°C dan lebih dari 30 hari di suhu 0°C.
2.  Virus flu burung ini bisa bertahan lebih lama di dalam tubuh atau tinja unggas, akan tetapi virus ini mati pada pemanasan 60°C selama 30 menit.

Bagi unggas yang sakit dan terkena virus flu burung ini maka dapat menularkan virus ini melalu tinja, ludah, lendir dan darah. Penyebaran virus flu burung dapat terjadi pada populasi unggas di satu peternakan dan bisa meluas ke peternakan di sekitarnya. Kalau penyebaran kepada manusia bisa terjadi kontak langsung dengan unggas yang terkena virus flu burung itu atau bisa juga dengan permukaan yang terkontaminasi tinja atau sekret unggas yang terkena virus flu burung tersebut.

Sampai saat ini, kemungkinan belum ada bukti terjadi penularan virus flu burung dari manusia kepada manusia yang lain. Selain itu, kemungkinan belum ada bukti juga penularan pada manusia melalui daging unggas yang dikonsumsi.

Ciri-ciri pada manusia apabila terkena virus flu burung ini antara lain deman, sakit tenggorokan, batuk, dan nyeri otot. Selain itu dalam beberapa kasus terjadi pula gangguan pernapasan dan pneumonia. Pada hal seperti ini tergantung pada sistem kekebalan tubuh penderita tersebut. Ciri-ciri lebih lanjut apabila manusia terkena virus flu burung ialah kerusakan pada jaringan tubuh yang mengakibatkan kematian.

Pengobatan yang diberikan kepada penderita virus flu burung belum efektif sampai saat ini. Beberapa pengobatan pada penderita virus flu burung berupa antivirus, seperti osetavimir, zanamivir, atau mekanisme M2 inhibitor kadang-kadang menunjukan keampuhannya. Tetapi, kemampuan mutasi virus H5N1 yang sangat cepat sehingga menyebabkan cara-cara pengobatan tersebut hanya berlaku untuk jangka waktu sementara saja.

Cara yang terbaik untuk menangani virus flu burung yaitu kita harus mencegah penularan virus flu burung dengan melakukan tindakan seperti berikut ini:

1.  Apabila kita akan mengkonsumsi daging ayam maka daging ayam tersebut harus dimasak minimal pada suhu 80°C selama 1 menit, sedangkan kalau kita akan makan telur unggas maka perlu dipanaskan minimal pada suhu 64°C selama 5 menit.
2.  Kita harus menjaga kebersihan lingkungan.
3.  Kita harus menjaga kebersihan diri, contohnya mencuci tangan dengan sabun dan air bersih setelah kita melakukan kegiatan.

Manusia-manusia disekitar peternakan unggas paling berisiko tertular virus flu burung. Usaha pencegahan yang perlu dilakukan supaya tidak terkena virus flu burung yaitu:

1.  Ketika melakukan pekerjaan yang berdekatan dengan unggas sebaiknya menggunakan pelindung (masker dan kacamata khusus).
2.  Apabila setelah menggunakan alat-alat yang berhubungan dengan unggas sebaiknya dicuci alat-alat tersebut dengan desinfektan.
3.  Sisa bahan dari saluran pencernaan unggas itu harus dibakar atau dikubur supaya aman.
4.  Sebaiknya tidak boleh mengeluarkan kandang dan sisa-sisa unggas dari lokasi peternakan tersebut.

Untuk kelanjutan dari artikel ini sebaiknya anda membaca artikel yang berjudul Lanjutan Penyakit pada Manusia yang Disebabkan oleh Virus (2).









No comments:

Post a Comment