Tuesday, 19 January 2016

Cara Merakit Karburator dan Perawatan Karburator Mobil yang Baik dan Benar

Cara Merakit Karburator dan Perawatan Karburator Mobil yang Baik dan Benar adalah suatu artikel yang baik untuk dibaca. Karena dengan membaca artikel ini, maka pengetahuan kita akan menjadi bertambah. Baiklah kita akan membahas Cara Merakit Karburator dan Perawatan Karburator Mobil yang Baik dan Benar.


Yang pertama adalah Cara merakit kaburator yang baik dan Benar

Cara Merakit kaburator sangat penting dipelajari oleh siapa saja yang ingin mendalami tentang karburator. Cara merakit karburator antara lain:

1.  Pada saat kita memasang katup jarum dan pelampung, tingginya pelampung itu harus disetel dulu dengan cara membengkokan tab pelampungnya terlebih dahulu. Untuk penyetelannya ada dua jenis, antara lain: yang pertama yaitu penyetelan di saat pelampung dalam posisi tinggi dan yang kedua penyetelan disaat pelampung dalam posisi rendah. Pada pemeriksaan terakhir kita melakukan dengan menggunakan pengukur permukaan dari gelas.

2.  Jika kita melakukan penyetelan pelampung pada posisi tinggi. Yang harus kita lakukan yaitu pelampung dibalikkan, kita harus memeriksa jarak antara ujung pelmpung dan permukaan gasket pelampung, pada celahnya harus berukuran antara 5,8 mm, supaya celahnya bisa berukuran antara 5,8 mm maka bengkokkan tab pelampung tersebut.

3.  Sekarang jika kita melakukan penyetelan pelampung pada posisi rendah. Kondisi pelampung berdiri tegak, sekarang ukur jarak antara ujung pelampung dan permukaan gasket, celahnya harus berukuran antara 20 mm, supaya celahnya berukuran 20 mm harus dibengkokkan tab pelampungnnya.

4.  Di saat kita memasang sekerup pengatur idle (putaran tanpa beban), sekerup tersebut putarlah (sampai habis terlebih dahulu), selanjutnya sekerup dilonggarkan satu setengah kali putaran.

5.  Pada flens dipasangi badan karburatornya.

6.  Pada saat sekerup pengatur dipasang, sekerup pengatur tersebut diputar sampai mengenai flens terus diputar lagi ke arah kanan sampai ¾ putaran, pada waktu seperti itu kita harus memeriksa kedudukan batang katup. Kita melakukan penyetelan kedudukan batang katup sekrupnya dengan cara diputar ke arah kanan atau diputar ke arah kiri. Kita harus melakukan penyetelan terakhir yaitu dilakukan dengan cara ketika melaksanakan turun mesin.

7.  Sesudah melaksanakan penyetelan pada karburator, sekarang periksalah kebocoran minyak pada hubungan pipa, kita memeriksa supaya batang katup dapat membuka selebar-lebarnya di saat pedal percepatannya ditekan habis, sesudah mesin dipananskan sesudah kecepatanya normal.

Di saat kita memasang semua gasket, gasket harus diganti tetapi sebelumnya kita melakukan pemasangan apakah saluran minyak sudah besih, semua bagian yang berputar atau meluncur sebaiknya dikasih gemuk dan dicek cara kerjanya, apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum.


Perawatan Karburator Mobil yang Baik dan Benar


Anda siapkan kunci berukuran 10, kunci berukuran 12, kunci berukuran 14 mm, obeng minus dan carburetor. Langkah pertama, tentu anda mencopot terlebih dahulu saringan udara dan rumahnya yang biasa diikat baut 10 dan 12 mm.

Sesudah semua terbuka, sekarang bersihkan bensin yang ada diruang pelampungnya. Langkahnya, silahkan anda buka baut setelan angin yang berada di bawah karburator sebelah kanan memakai obeng minus. Nanti bensin akan mengucur keluar. Kalau kondisi sudah seperti itu sekarang buka saja sampai copot. Anda melakukan itu berhati-hati jangan sampai hilang.

Anda melanjutkan untuk membuka baut drain yang berukuran 14 mm penutup spuyer yang berada dibagian depan bodi karburator. Bahan bakarnyapun juga mengucur keluar. Di lubang yang ini akan kelihatan spuyer-spuyernya. Anda langsung saja semprot carburetor cleaner menuju ke lubang spuyer dan baut setelan angin yang tadi.

Sesudah kita selese melakukan penyemprotan, kemudian kita pasang lagi bautnya dan kemudian hidupkan mesin. Kita lakukan penyetelan angin supaya mesinnya langsam, kira-kira putaranya adalah 1,5 putaran. Kemudian bekaplah karburator memakai tangan sampai beberapa kali. Kegunaanya adalah untuk mengeluarkan bensin yang kotor yang terisa dalam karburatornya.

Kemudian kita melanjutkan untuk menyemprot carburator cleaner ke dalam karburator. Pada putaran mesin akan turun seperti akan mati. Supaya hasilnya baik maka naikkan putaran dengan membuka skep gas. Jika mati, maka tinggal di start lagi.

Seandainya kita sudah selsesai membersihkan, maka sekarang setel kembali angin. Kita bisa menutup baut setelan dulu sampai mesin akan mati, kemudian putar untuk membuka kira-kira putarannya adalah 1,5 putaran. Sekarang kita harus mendapatkan feling yang paling baik, sebab pada waktu dibuka, putaran mesinnya akan naik. Sampai suatu waktu, pada putaran mesin akan turun. Kemudian kita bisa menghentikan putaran pada waktu putaran mesin tertinggi dan stabil. Jika perlu kita bisa menambahkan seperempat putaran supaya mudah dihidupkan pada waktu mesin dingin.



No comments:

Post a Comment