Tuesday, 12 January 2016

Cara Menyetel Karburator Mobil yang Benar

Cara menyetel karburator mobil yang benar adalah suatu teknik yang penting untuk dipelajari oleh siapa saja yang ingin tahu lebih dalam terntang karburator. Setelan pada karburator sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin yang akan otomatis berpengaruh pula pada kenyamanan bagi yang mengendarai kendaraan mobil tersebut. Hal yang lain jika setelan karburator yang tidak benar maka akan mengakibatkan penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros dan juga ada permasalahan yang lain diseputar engine stationer.


Berikut akan dijelaskan cara menyetel karburator mobil yang benar. Supaya mobil yang kita kendarai akan menjadi lebih nyaman untuk kita kendarai. Baiklah kita akan mempelajari cara menyetel karburator mobil dengan benar yaitu:

1.  Langkah pertama yaitu Sekrup idle up dikendorkan dulu tetapi AC sambil di hidupkan. Penyetelan boleh berhenti ketika sekrup itu sudah tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin tersebut.

2.  Langkah kedua yaitu pada sekrup RPM mesin direndahkan RPM sampai mencapai sekitar 500, atau bisa juga sampai yang penting mesin tidak mati.

3.  Langkah yang ketiga yaitu sekarang kita mulai dengan menyetel sekrup idle (campuran bensin dan udara). Harap diputar sekrup ini ke arah kiri sampai hampir mati tapi jangan sampe mati. Selanjutnya kembali ke kanan sampai hampir mati juga. Kemudian putar perlahan-lahan mencari RPM yang tertinggi. Pada saat itulah kita akan mendapatkan campuran udara dan bensin yang paling baik.

4.  Langkah yang keempat yaitu kelanjutan dari langkah sebelumnya. Sesudah menemukan campuran paling baik, sekarang sesudah sekrup RPM mencapai 700, 800, atau 900 itu disesuaikan dengan permintaan yang membuat mesin tersebut.

5.  Langkah yang kelima yaitu sekarang baru menyetel sekrup idle up AC dengan benar. AC harus dihidupkan dulu, RPM nya pasti sudah berkurang, sudah turun dari semula. Sekarang kita stel sekrup idle up sampai mencapai 900 RPM atau 1000 RPM.

6.  Langkah yang keenam yaitu sekarang coba AC dimatikan dulu. Apakah sekarang RPM idle ke RPM yang diinginkan. Kalau RPM idle ke RPM sudah sesuai yang diinginkan maka kita telah menyetel karburtor mobil dengan benar.


Tadi diatas kita telah belajar cara menyetel karburator mobil yang benar. Cara yang sudah kita pelajari seperti yang di atas itu ialah dengan syarat karburator kondisinya masih dalam keadaan yang normal, baik itu fungsi skep, vaccum, pelampung, sepuyer, choke, selenoid, dan yang lain-lainnya.

Hal yang perlu kita ingat bahwa usia mobil itu sangat berpengaruh sekali di kondisi karburator itu sendiri, yang paling utama adalah pada bagian AS Skep dikarburator itu. Kita dapat membayangkan jika usia mobil sudah mencapai 18 tahun, berarti selama 18 tahun itu pada as skep sudah dikikis dengan seiring injakan pedal gas dari yang menggunakan mobil tersebut. Dengan otomatis lubang as skep itu semakin lebar, dan as skep pun telah tidak presisi lagi, sehingga akan menimbulkan komponen skep tidak bisa menutup ruang karburator secara sempurna lagi. Jika telah terjadi hal yang seperti ini biasanya mesin mobil akan tidak stationer, meskipun terkadang stasioner dikemudian hari pasti tidak stasioner lagi. Usaha yang perlu kita lakukan ialah dengan memperbaiki pada lubang as skep agar menjadi presisi lagi atau kita mengganti komponen skep yang sesuai dengan ruang karburator kendaraan mobil itu. Dengan kita sudah memperbaiki lubang as skep atau mengganti komponen skep dengan yang baru maka sekarang karburator mobil akan menjadi baik. Dan jika kita ingin menyetel karburator mobil tersebut maka akan mudah untuk di stel dan di atur karburatornya karena sebelumnya karburator dalam keadaan normal.


No comments:

Post a Comment