Wednesday, 27 January 2016

Belajarlah Berkomunikasi dengan Tubuh Anda

Berbagai kemajuan yang dicapai di bidang teknologi informasi membuat dunia ini sepertinya terasa begitu kecil. Di mana kita berada jika kita mau berkomumunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh dengan kita itu bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Seiring kemajuan teknologi yang seperti kita rasakan ini, kita bahkan dapat berkomunkasi layaknya kita berbicara dan seperti berhadap-hadapan dengan lawan bicara kita yang jauh disana. Komunikasi sangat penting dalam kehidupan kita, karena dengan adanya komunikasi maka kita akan terhindar yang namanya misscomunication. Dengan adanya komunikasi maka kita dengan orang lain akan tercipta suasana yang akrab dan nyaman.


Kita dapat bertanya, mungkinkah satu bangsa akan bisa kuat dan menjadi besar seandainya di antara para pemimpin dan wakitl-wakil rakyatnya tidak terjalin komunikasi yang baik? Jawabannya adalah negara itu tidak bisa kuat dan menjadi besar jika para pemimpin dan wakil-wakil rakyatnya tidak terjalin dengan baik. Jadi bahwa komunikasi ialah sesuatu yang tidak bisa kita abaikan dan tidak boleh kita lupakan.

Tubuh kita itu seperti dunia yang begitu luas. Seandainya jumlah penduduk di dunia ini sekarang sudah mencapai enam milyar jiwa. Kita dapat membayangkan, di dalam tubuh seorang bayi yang masih berada di dalam rahim ibu menjelang akan di lahirkan, bayi itu telah mempunyai sel-sel yang jumlahnya sangat banyak, bahkan mungkin jumlah sel-sel di dalam tubuh seorang bayi itu mencapai dua triliun. Kalau pada seorang bayi aja jumlah selnya sudah bisa mencapai dua triliun, sekarang pertanyaan kita, berapakah jumlah sel pada orang dewasa? Jawabanya adalah bahwa pada orang dewasa jumlah selnya dapat mencapai seratus triliun sel. Sel-sel itu masing-masing kerja secara sinergis sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Sel-sel itu posisinya sangat teratur sehingga sel-sel itu masing-masing mengenali satu sel dengan sel yang lainnya. Sel-sel itu bekerja sangat keras bertugas menata supaya sistem tubuh berfungsi dengan maksimal sesuai dengan fungsinya. Seandainya ada bagian tubuh yang terganggu atau rusak atau tidak mampu melakukan tugas rutinnya, maka anggota tubuh yang lainnya akan dengan siap dan cepat menolongnya, supaya tubuh agar bisa tetap bekerja dan berfungsi dengan maksimalnya.

Tubuh Manusia Di Lengkapi Sensor Super Canggih

Kita tidak boleh heran seandainya sel-sel di dalam tubuh ternyanya dilengkapi dengan sebuah sensor yang super canggih untuk mengetahui sel mana yang dibutuhkan oleh tubuh dan mana yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh kita memeiliki sensor yang super canggih yang dapat berfungsi memilah mana sel yang memang dikehendaki pertumbuhannya dan mana sel yang tidak dikehendaki pertumbuhannya. Selain itu, sensor di dalam tubuh kita juga bisa berfungsi memilah mana sel yang normal dan mana sel yang tidak normal. Contoh sel yang tdak normal misalnya sel kanker.


Mekanisme tubuh yang begitu menakjubkan dapat dihasilkan jika komunikasi yang terjalin baik dan sangat rapi antara sel yang satu dengan yang lainnya. Seandainya kita merenungkan sejenak, bagaimana mungkin tubuh kita akan terpelihara dengan baik, seandainya antara kita si pemilik tubuh dan tubuh itu sendiri tidak terjalin komunikasi dengan baik?

Sekaranglah bagaimanapun caranya, saatnya untuk kita belajar memahami tubuh kita sendiri. Jika kita semakin paham tubuh kita sendiri, maka akan baik pula komunikasi yang terjalin antara kita dan tubuh kita. Seandainya tubuh kita berbicara, kapanpun waktunya itu maka tentu kita akan meresponnya sebaik dan sesegera mungkin.

Dengan kita memahami tubuh kita sendiri, maka kita akan semakin tahu apa keinginan tubuh kita. Hal yang sangat alami dan sederhana ialah apabila kita memahami bahasa tubuh kita. Dengan demikian, setiap orang dapat dengan cara mudah memahami tubuhnya sendiri.




No comments:

Post a Comment