Friday, 20 November 2015

Tegangan Listrik Penting untuk dipelajari dalam Kehidupan

Tegangan Listrik Penting untuk dipelajari dalam Kehidupan karena jika kita mempelajari tegangan listrik kita akan paham tentang listrik. Elektron membutuhkan mesin yang bernama mesin penggerak. Mesin penggerak ini sangat penting dalam tegangan listrik. Mesin penggerak ini fenomenanya seperti pompa.


Mesin penggerak itu di sebut pembangkit tegangan atau sumber tegangan. Sumber tegangan itu dibagi menjadi dua kutub yaitu kutub positif dan kutub negatif. Kutub positif itu disebabkan karena kekurangan elektron. Sedangkan disebut kutub negatif karena kelebihan elektron.

Kita harus ingat bahwa Volt adalah satuan SI yang ditetapkan untuk tegangan. Kalau kita mempelajari tegangan listrik kadang kita bertanya apakah formula untuk tegangan? Jawabanya adalah U. Nah sekarang kalau ada pertanyaan apakah simbol satuan untuk volt itu? Jawabanya adalah V.


Sekarang ada diberikan contoh pembagian dan kelipatan satuan:
2 MV = 2 Megavolt = 2.000.000 V =
2 KV = 2 Kilovolt = 2.000 V =

Dalam rangkaian listrik dibagi menjadi dua tegangan, yaitu tegangan sumber dan tegangan jatuh. Tegangan sumber ialah tegangan yang dibangkitkan di dalam sumber tegangan. Tegangan sumber dapat disimbolkan dengan Us. Penyebab terjadinya aliran listrik adalah tegangan sumber. Jadi tegangan sumber merupakan asal mula terjadinya aliran arus. Jika kita berbicara tegangan sumber maka kita juga akan berbicara Tegangan jatuh pada beban. Tegangan jatuh pada beban adalah tegangan sumber didistribusikan ke seluruh rangkaian listrik dan digunakan pada masih-masing beban.

Tegangan yang kedua pada rangkaian listrik adalah tegangan jatuh atau secara umum tegangan. Tegangan jatuh adalah tegangan yang digunakan pada beban. Tegangan jatuh simbolnya adalah U.

Jika kita berbicara masalah tegangan listrik maka kita kita juga akan berbicara masalah potensial dan arah tegangan. Apakah yang dimaksud potensial itu? Potensial adalah tegangan antara benda pada yang bermuatan dengan bumi atau titik apa saja yang direkomendasikan. Potensial simbolnya adalah  (phi). Potensial memiliki satuan yaitu volt. Bumi mempunyai potensial = 0 volt.

Kita sekarang akan memperhatikan contoh potensial yang dalam hal ini adalah potensial bola.  Potensial bola menjadi positif terhadap bumi jika elektron bola diambil. Sedangkan jika elektron-elektron pada bola ditambahkan maka potensial bola tersebut menjadi potensial bola negatif terhadap bumi.

Jadi bola yang bermuatan positif dibuat dengan tanda kutub positif, sedangkan bola yang bermuatan negatif diberi nama kutub negatif. Supaya kita lebih mudah mengingat di dalam pikiran kita  bahwa “Tegangan = perbedaan potensial (potensial difference).”

Jika kita membahas masalah tegangan listrik maka kita juga akan membahas potensial dan arah tegangan. Tadi kita sudah membahas potensial, sekarang kita lanjutkan pembahasan kita mengenai arah tegangan. Arah tegangan biasanya dapat digambarkan melalui suatu anak panah tegangan. Dalam tegangan  listrik biasanya arah tegangan mengarah dari potensial tinggi (misalkan kutub positif) menuju ke potensial rendah (misalkan kutub negatif), hal tersebut menunjukan bahwa potensial tingginya adalah positif dan potensial rendahnya adalah negatif.

Bagi anda mungkin yang menekuni teknik listrik maka sebagai dasar yang harus dipahami adalah antara lain memahami tegangan listrik. Bagi seorang teknik terutama seseorang yang mengambil dan mendalami teknik listrik, pasti mereka akan berusaha memahami masalah tegangan listrik. Dengan mempelajari tegangan listrik maka sebagai modal dasar untuk mendalami masalah tegangan listrik. Tegangan listrik adalah suatu materi yang wajib dipahami oleh seseorang yang akan mendalami teknik listrik.




No comments:

Post a Comment