Wednesday, 18 November 2015

Desa Sinungrejo Masyarakatnya Sangat Baik

Desa Sinungrejo Masyarakatnya Sangat baik dan juga saling hormat menghormati. Di desa Sinungrejo masyarakatnya banyak yang melakukan kegiatan yang baik dan banyak yang melakukan kegiatan bermanfaat untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Desa Sinungrejo adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Ambal, kabupaten Kebumen, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Desa sinungrejo pemandangannya sangat indah sekali. Tumbuhan banyak yang tumbuh di desa Sinungrejo itu. Karena banyak tumbuhan, sehingga di desa Sinungrejo udaranya sangat bersih dan sehat untuk bernfas.


Desa Sinungrejo pada saat ini dipimpin oleh kepala desa. Kepala desa Sinungrejo pada saat ini adalah bapak Mulyanto. Bapak Mulyanto biasa dipanggil dengan bapak Mul. Bapak kepala desa memimpin desanya dengan penuh tanggung jawab dan disiplin. Bapak kepala desa membangun desa sinungrejo dengan sungguh-sungguh. Sejak di pimpin oleh bapak kepala desa bapak Mul, desa sinungrejo menjadi maju. Hal itu terbukti bahwa masyarakat di desa sinungrejo sekarang sangat produktif. Produktif maksunya bahwa masyarakat di desa sinungrejo banyak yang berjiwa kewirausahaan. Masyarakat di desa Sinungrejo banyak yang menciptakan lapanga pekerjaan sendiri. Contoh pertama adalah bahwa masyarakat di desa sinungrejo ada yang membuat roti untuk dijual. Roti buatan orang sinungrejo sangat enak untuk dimakan. Selain rotinya enak dimakan, roti buatan orang Sinungrejo juga bergizi dan baik untuk kesehatan. Roti buatan orang Sinungrejo juga bertahan lama.

Contoh yang kedua bahwa  masyarakat Sinugrejo berjiwa produktif untuk berwirausaha adalah masyarakat di Sinungrejo ada yang membuat “renjeng”. Renjeng adalah suatu benda yang terbuat dari bambu. Renjeng bentuknya seperti ember. Pembuatan renjeng sangat rumit sekali, sehingga orang yang membuat renjeng harus teliti dan sabar. Jika orang yang belum terbiasa membuat renjeng, untuk membuat satu renjeng diperlukan waktu berhari-hari. Tetapi jika yang membuat renjeng itu orang yang sudah pintar membuat renjeng maka dalam satu hari orang itu bisa membuat satu buah renjeng atau bahkan bisa lebih.


Contoh ketiga bahwa masyarakat desa Sinungrejo sangat produktif adalah bahwa di desa Sinungrejo masyarakatnya ada yang berwirausaha membuat kripik singkong. Kripik singkong adalah makanan yang sangat disukai oleh sebagian besar masyarakat Sinungrejo. Bahan dasar dari kripik singkong adalah singkong. Singkong kita tahu banyak sekali mengandung vitamin. Yang paling tampak sekali adalah bahwa singkong itu banyak sekali mengandung karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber energi yang baik untuk tubuh kita. Singkong bisa diolah dengan berbagai macam cara. Bisa dibuat kripik singkong, singkong juga bisa direbus, atau singkong bisa juga digoreng. Kalau singkong rebus biasanya disajikan untuk orang yang bekerja disawah. Singkong sangat baik disajikan untuk orang yang bekerja disawah. Karena singkong banyak mengandung karbohidrat. Orang yang bekerja disawah biasanya mengeluarkan banyak sekali energi, sehingga untuk mengembalikan energi maka orang itu harus membutuhkan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Di desa Sinungrejo masyarakatnya banyak yang pekerjaannya petani. Sawah-sawah di desa Sinungrejo sangat luas dan subur. Sehingga banyak petani yang senang karena hasil panennya melimpah. Di desa Sinungrejo masyarakatnya sangat baik-baik. Kebiasaan yang baik di Desa Sinungrejo juga berjalan dengan baik. Contoh kebiasaan baik yang ada di desa Sinungrejo, misalnya tahlilan malam jum’at rutin. Tahlilan malam jum’at rutin ini bermanfaat untuk meningkatkan keimanan kita dan juga untuk memperkuat tali silaturohmi antar sesama masyarakt desa sinungrejo. Selain itu dengan tahlilan maka para leluhur kita yang sudah meninggal dapat dikirimi doa-doa supaya di sana bahagia. Intinya adalah bahwa masyarakat di desa Sinungrejo orangnya baik, dan seluruh masyarakat Indonesia orangnya juga baik-baik.




No comments:

Post a Comment