Wednesday, 14 October 2015

Strutur Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Struktur organisasi kehidupan makhluk hidup adalah suatu struktur yang sangat penting dipelajari. Dengan kita mengetahui struktur organisasi kehidupan makhluk hidup maka kita akan tahu ilmu tentang kehidupan. Mungkin anda ingin mendalami tentang ilmu biologi maka anda wajib memahami tentang struktur organisasi kehidupan makhluk hidup di dunia ini. Baiklah kita akan langsung membahas tentang struktur organisasi kehidupan makhluk hidup. 

Struktur organisasi kehidupan makhluk hidup antara lain:

1.       Tingkat Molekul

Tingkat molekul di dalam struktur kehidupan adalah tingkat yang pertama atau tingkat paling kecil. Di dalam tingkat molekul ini terdapat inti sel. Inti sel ini adalah tingkat pertama atau tingkat paling kecil di dalam makhluk hidup. Semua makhluk hidup pasti mempunyai inti sel. Di dalam inti sel terdapat DNA (deoxyribonucleic acid = asam deoksiribonukleat). Selain terdapat DNA, di dalam inti sel juga terdapat RNA (ribonucleic acid = asam ribonukleat).  Jadi di dalam inti sel terdapat DNA dan RNA yang berfungsi untuk mengatur sintetis protein di dalam sel.

2.       Tingkat Sel


Tingkat sel ini adalah tingkat kedua setelah tingkat molekul yang pertama tadi. Di dalam tingkat sel ini terdapat sel. Jika kita berbicara masalah sel, maka dipikiran kita akan tersirat sangat kecil. memang benar, bahwa sel adalah unit kehidupan yang terkecil. Semua makhluk hidup pasti mempunyai sel. Misalnya makhluk hidup uniseluser yaitu protozoa, bakteri, dan alga. Makhluk hidup uniseluler itu mempunyai sel. Selain makhluk hidup uniseluler tadi, ada lagi makhluk lain yang juga mempunyai sel, misalnya makhluk hidup multiseluler. Makhluk hidup multiseluler ini contohnya tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dan hewan itu tersusun dari banyak sel yang berbeda-beda.

3.       Tingkat Jaringan

Tingkat jaringan adalah tingkat ketiga dalam struktur organisasi kehidupan. Jika kita berbicara jaringan di dalam ilmu biologi maka kita harus tahu artinya jaringan tersebut. Jaringan adalah kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Kita ambil contoh misalnya di dalam tubuh hewan itu terdapat banyak sekali jaringan. Jaringan yang terdapat dalam tubuh hewan misalnya jaringan otot, jaringan darah dan jaringan epidermis. Sekarang kalau ada pertanyaan dalam benak kita, siapakah makhluk hidup tingkat organisasi jaringan yang paling sederhana? Maka jawabannya sangat mudah, jawabanya adalah porifera dan coelenterata. Porifera dan coelenterata memiliki dua lapisan yaitu lapisan terluar dan lapisan terdalam. Dua lapisan ini berfungsi untuk pembentuk tubuh (diploblastik).

4.       Tingkat Organ

Tingkat organ adalah tingkat keempat dari struktur organisasi kehidupan. Organ adalah kumpulan jaringan dengan fungsi tertentu. Organ di dalam tubuh manusia maupun hewan itu sangat banyak sekali. Kita ambil contoh organ di dalam tubuh manusia misalnya jantung, paru-paru, lambung dan lain-lain.

5.       Tingkat Sistem Organ

Tingkat sistem organ adalah tingkat kelima dari struktur organisasi kehidupan. Sisem organ ini disusun oleh organ yang saling berinteraksi dalam melaksanakan fungsi di dalam tubuh. Contohya sistem peredaran darah manusia. Dalam sistem peredaran darah manusia itu terdapat beberapa organ yang saling berkaitan. Organ yang saling berkaitan dan bekerjasama yaitu jantung dan pembuluh darah. Jantung dan pembuluh darah itu berfungsi untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

6.       Tingkat Individu

Tingkat individu adalah tingkat yang keenam dari struktur organisasi kehidupan. Contohnya individu gajah. Berarti di suatu tempat itu ada seekor gajah.

7.       Tingkat Populasi

Tingkat populasi adalah tingkat yang ketujuh dari struktur organisasi kehidupan. Populasi adalah kumpulan individu yang berada pada waktu dan tempat yang sama. Contohnya populasi ular, populasi kambing, populasi sapi, populasi gajah dan lain-lain.

8.       Tingkat Komunitas

Tingkat komunitas adalah tingkat kedelapan dari struktur organisasi kehidupan. Komunitas adalah kumpulan populasi yang berada pada waktu dan tempat yang sama. Misalnya komunitas danau. Di dalam komunitas danau terdiri dari populasi ikan, populasi lumut, populasi ular, populasi cacing tanah, dan lain-lain.

9.       Tingkat Ekosistem

Tingkat ekosistem adalah tingkat kesembilan dari struktur organisasi kehidupan. Ekosistem yaitu interaksi antara populasi-populasi penyusun komunitas dengan lingkungan abiotiknya.

10.     Tingkat Bioma


Tingkat bioma adalah tingkat kesepuluh dari struktur organisasi kehidpan. Bioma dibentuk dari kumpulan ekosistem yang melingkupi wilayah yang luas. Contohnya bioma gurun, bioma padang rumput, bioma hutan gugur, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment