Sunday, 18 October 2015

Klasifikasi Makhluk hidup Penting untuk dipelajari

Klasifikasi makhluk hidup penting untuk dipelajari oleh siapa saja yang ingin menekuni ilmu biologi atau ilmu-ilmu yang lain. Dengan kita mempelajari klasifikasi makhluk hidup maka kita akan menjadi orang yang paham tentang kingdom-kingdom yang ada di makhluk hidup. Sejak zaman dahulu kala manusia sudah berusaha mengklasifikasikan makhluk hidup. Persamaan dan perbedaan ciri-ciri pada berbagai jenis makhluk hidup merupakan dasar dari klasifikasi makhluk hidup.


Klasifikasi enam kingdom adalah klasifikasi makhluk hidup yang umum digunakan sekarang. Klasifikasi enam kingdom ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1977 oleh Carl Woese. Klasifikasi enam kingdom antara lain kingdom Archabacteria, kingdom Eubacteria (bakteri), kingdom Protista, kingdom Fungi (jamur), kingdom Plantae (tumbuhan), dan kingdom Animalia (hewan). Berikut akan dijelaskan kingdom-kingdom tersebut yaitu:

1.       Kingdom Archaebacteria (Archaea)

Kingdom Archaebacteria (Archaea) adalah kingdom yang memiliki sifat prokariotik. Prokariotik maksudnya tidak memiliki membran inti sel. Kingdom archaebacteria banyak hidup di daerah-daerah ekstrem. Kingdom Archaebacteria (Archaea) memiliki metabolisme yang mirip dengan makhluk eukariotik.

2.       Kingdom Eubacteria (Bakteri)


Kingdom Eubacteria (Bakteri) memiliki sifat prokariotik. Kingdom Eubacteria (Bakteri) berbeda dengan archaebacteria jika dilihat dari metabolismenya serta dinding selnya. Dahulu kala bakteri bakteri itu bergabung dengan Archaea dalam kingdom monera. Tetapi seiring berjalannya waktu dan setelah ditetliti lebih dalam ternyata menunjukan bahwa antara bakteri dan archaea itu berbeda jika dilihat dari komposisi dinding selnya.

3.       Kingdom Protista

Kingdom protista contohnya adalah protozoa, alga, jamur lendir, dan jamur air. Mungkin anda pernah melihat jamur air disekeliling rumah anda. Atau mungkin anda pernah lihat jamur lendir dipekarangan anda. Memang kingdom protista ini biasanya banyak di daerah anda bertempat tinggal.

4.       Kingdom Fungi

Kingdom fungi (jamur) berbeda dengan kingdom yang lainnya karena memiliki struktur dinding sel, serta cara memperoleh makanan dan cara reproduksi yang berbeda dengan kingdom lainnya. Kinngdom fungi ini contohnya jamur uniseluler (seperti ragi) dan jamur multiseluler. Kingdom fungi ini bersifat saprofit. Organisme kingdom fungi memiliki dinding sel seperti tumbuhan, tetapi tidak melakukan kegiatan fotosintesis.

5.       Kingdom Plantae

Kingdom plantae atau tumbuhan adalah organisme multiseluler yang eukariotik. Kingdom plantae hampir semuanya dapat membuat makanan sendiri. Kenapa dalam kingdom plantae dapat membuat makanan sendiri? Karena dalam kingdom plantae atau tumbuhan memiliki klorofil sehingga tumbuhan bersifat autotrof atau dapat membuat makanan sendiri. Contoh kingdom plantae antara lain lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan biji-bijian. Tumbuhan di dunia ini sangat banyak sekali. Di hutan jenis-jenis tumbuhan beraneka ragam. Dengan banyaknya tumbuhan maka lingkungan disekitar tumbuhan itu akan menjadi sehat. Kenapa lingkungan disekitar itu menjadi sehat, karena udara di lingkungan itu bersih sehingga menjadi sehat. Jika anda duduk di bawah pohon pada waktu siang hari maka anda akan menjadi sehat karena anda menghirup banyak sekali oksegen. Kebalikannya kalau anda duduk di bawah pohon pada waktu malam hari maka kurang baik untuk kesehatan anda, karena kalau malam tumbuhan mengeluarkan karbondioksida. Jadi sebaiknya jika anda ingin duduk di bawah pohon sebaiknya pada waktu siang hari karena diwaktu siang hari tumbuhan mengeluarkan oksigen sehingan sangat baik untuk kesehatan anda.

6.       Kingdom Animalia

Kingdom Animalia atau hewan adalah organisme multiseluler eukariotik yang memiliki otot dan sistem saraf. Dalam kingdom animalia tidak mempunyai dinding sel dan bersifat heterotrof. Contoh kingdom animalia antara lain gajah, macan, singa, kerbau, sapi, rajawali, ular, kupu-kupu, badak, kijang dan lain-lain. Di sekitar anda pasti banyak contoh kingdom animalia. Mungkin anda mempunyai ayam, ayam itu termasuk contoh kingdom animalia. Dan masih banyak lagi contoh kingdom animalia di sekitar lingkungan anda.



No comments:

Post a Comment