Tuesday, 20 October 2015

Contoh Pidato Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70

Assalamungalaikum wr. Wb.
Kepada yang terhormat kepala sekolah SMK Teknologi Kebumen. Kepada yang saya hormati bapak dan ibu guru SMK Teknologi Kebumen. Kepada para siswa yang saya sayangi dan saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Alloh SWT, karena berkat karunianyalah kita dapat berkumpul dan bertatap muka ditempat yang indah ini. Salam serta salawat senantiasa kita sanjungkan kepada nabi besar kita yaitu nabi Muhammad SAW yang syafaatnya kita nanti-nantikan di yaumul kiyamah nanti.


Bapak ibu serta para siswa yang berbahagia. Kita tahu bahwa bangsa kita sekarang sudah merdeka. Kita sudah bisa bernafas diudara yang bebas. Kita sudah bisa berkreasi dan berinovasi sesuai dengan kehendak kita sendiri asalkan kita tidak melanggar hukum dan masih dalam aturan yang berlaku. Kalau kita sedikit menengok kebelakang ketika dulu bangsa kita masih dijajah olah belanda atau pun dijajah jepang maka nenek moyang kita dulu sangat menderita. Nenek moyang kita dulu pada waktu dijajah tidak boleh bersekolah. Kenapa nenek moyang kita dulu tidak diijinkan bersekolah tinggi oleh penjajah, karena supaya rakyak indonesia ini dulu menjadi bodoh-bodoh sehingga mudah untuk dikelabuhi oleh penjajah. Kalau dulu nenek moyang kita diperbolehkan untuk bersekolah tinggi pasti negara kita dulu cepat-cepat merdeka. Kita bisa mengecek dirumah kita misalkan kita masih punya kakek atau nenek atau bahkan kita masih mempunyai buyut, silahkan anda bertanya kepada mereka, dulu sekolah sampai kelas berapa. Mungkin jawabannya mayoritas tamatan SD. Itu juga mungkin ada yang Cuma sampai kelas 3 SD saja. 


Memang dulu pada waktu negara kita dijajah memang rakyat kita tidak dijinkan untuk mengenyam pendididkan sampai tinggi. Selain negara kita dulu rakyatnya tidak boleh bersekolah tinggi, rakyat kita dulu juga disuruh kerja paksa. Kerja paksanya sangat menyiksa sekali, banyak dulu rakyat kita yang meninggal karena kelaparan dan kecapean. Kerja paksa yang terkenal adalah kerja paksa rodi. Kerja paksa rodi ini tidak dibayar, selain tidak dibayar, rakyat kita dulu banyak yang disiksa oleh penjajah. Penderitaan dulu waktu negara kita dijajah oleh penjajah memang rakyat dulu benar-benar menderita. Rakyat kita dulu banyak yang menderita lahir maupun batin. Kita semua sekarang harus bersyukur karena negara kita sudah merdeka. Negara Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Tanggal 17 Agustus 2015 adalah ulang tahun negara kita yang ke 70. Kita sekarang merayakan hari ulang tahun kemerdekaan republik Indonesia yang ke 70. Kita sebagai generasi muda dan sekaligus sebagai generasi penerus bangsa maka kita semua wajib mengisi kemerdekaan dan sekaligus menjaga negara tercinta ini. Tugas pelajar untuk menjaga kemerdekaan ini adalah dengan cara belajar dan bersekolah dengan baik. Di negara kita telah mewajibkan wajib belajar sembilan tahun. Di daerah tertentu ada yang sudah mewajibkan wajib belajar dua belas tahun. Wajib belajar itu tujuannya adalah untuk mencerdaskan generasi muda sehingga nantinya warga negara Indonesia akan menjadi warga negara yang pintar dan cerdas. Selain agar rakyat Indonesia memiliki intelejensi tinggi, rakyat indonesia juga harus belajar agama. Dengan rakyat kita belajar agama maka rakyat indonesia akan menjadi manusia yang baik. Ada sebuah kata-kata yang baik yang bisa dijadikan inspirasi kita semua. Kata-kata itu yaitu “Dengan ilmu hidup akan menjadi mudah, dengan seni hidup menjadi indah, dengan agama hidup akan menjadi terarah.” Jadi kesimpulannya adalah mari kita semua rakyat Indonesia mengisi dan menjaga negara republik Indonesia yang tercinta ini.

Demikian pidato saya, apabila ada tutur kata saya yang salah, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Trimakasih atas perhatianya. Wassalamungalikum salam wr. Wb.                         



No comments:

Post a Comment