Wednesday, 28 October 2015

Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda ke-87 Negara Kesatuan Republik Indonesia

Assalamungalaikum Wr. Wb.
Yang terhormat bapak kepala SMK Teknologi Kebumen. Yang saya hormati bapak dan ibu guru SMK Teknologi Kebumen. Yang saya hormati karyawan dan karyawati SMK Teknologi Kebumen. Yang saya sayangi dan saya banggakan anak-anak sekalian. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan karunianyalah kita dapat berkumpul dan betatap muka ditempat yang indah ini. Salam serta salawat selalu kita junjungkan kepada nabi besar Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafangatnya di yaumul kiyamah nanti.


Bapak/ibu dan anak-anakku yang berbahagia. Hari ini kita melaksanakan upacara bendera memperingati hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2015. Tak terasa kita sudah memperingati hari sumpah pemuda ke-87. Dahulu kala para pemuda mengikrarkan sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. 


Sebelum negara kita dulu merdeka para pemuda sudah mengikrarkan sumpah pemuda. Tujuannya adalah pada waktu itu supaya para pemuda memerdekakan negara yang tercinta ini. Mungkin pada waktu dulu pemuda berjuang untuk memerdekakan negara ini dengan cara mengankat senjata, tetapi untuk saat ini para pemuda berjuangnya dengan cara mengisi kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia yang tercinta ini. Ada kata-kata yang indah yaitu, “berikan aku seribu orang tua maka aku akan mengerakan gunung semeru, tetapi berikan aku sepuluh pemuda maka aku akan mengguncangkan dunia.” Kata-kata itu maksudnya adalah bahwa pemuda merupakan tulang punggung negara. Para pemuda mempunyai kekuatan yang cukup besar bagi pembangunan negara kesatuan repulik Indonesia ini. Para pemuda adalah tumpuan bangsa, para pemuda adalah harapan bangsa. Dengan bangsa ini diisi oleh pemuda-pemuda yang baik dan berkualitas maka bangsa ini akan menjadi bangsa yang maju. Kebalikannya jika bangsa ini banyak diisi pemuda-pemuda yang tidak baik, tidak bermoral baik, dan tidak berkualitas maka bangsa ini akan menjadi bangsa yang mundur. Jika kita melihat potret para pemuda saat ini, maka mugkin kita mengelus dada atau mungkin bisa meneteskan air mata. Kenapa kita bisa meneteskan air mata, karena para pemuda saat ini banyak yang bermoral tidak baik. Contohnya, banyak pemuda yang menggunakan narkoba, banyak pemuda yang melakukan seks bebas, banyak pemua yang melakukan tawuran dan banyak pemuda yang melakukan tindakan yang tidak terpuji yang lainnya. Jika para pemuda melakukan tindakan yang tidak terpuji maka secara tidak langsung akan menggrogoti sikap nasionalisme para pemuda di negeri ini. Jika kita melihat ditelivisi kita sering disuguhkan tontonan yang merusak moral para pemuda. Jika kita melihat berita di televisi maka berita-berita di tv itu banyak menyuguhkan berita yang memuat  perilaku tidak terpuji para pemuda di Indonesia. Kita bisa melihat di ibu kota jakarta, di sana para pelajar banyak yang tawuran. Antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lain saling tawuran, itu menunjukan sikap yang tidak baik ditunjukan oleh generasi penerus bangsa indonesia ini. Belum lagi jika kita melihat perilaku anak-anak sekolah jaman sekarang yang sudah mengenal pacaran. Banyak para pemuda yang melakukan pacaran terlalu bebas sehingga banyak para pemuda yang melukan seks bebas. Akibatnya banyak gadis-gadis yang sudah tidak perawan lagi. Contoh yang lain Sikap yang tidak terpuji adalah tawuran. Tawuran sudah menjadi hindangan biasa di kota-kota besar terutama di jakarta. Para pemuda yang seharusnya menjunjung tali silaturohmi dan persahaban justru palahan tawuran yang dapat mengancam keamanan negara kita ini.

Mulai saat ini marilah kita para pemuda-pemudi Indonesia dan semua warga negara Indonesia harus meninggalkan tindakan yang tidak baik. Setelah kita semua meninggalkan tindakan yang tidak baik maka kita selanjutnya melakukan tindakan yang baik. Tindakan yang baik misalnya adalah saling menghormati antar sesama, saling toleransi, saling tenggang rasa, saling gotong royong, dan sikap-sikap terpuji yang lainnya. Kita semua para pemuda-pemudi Indonesia dan semua warga negara Indonesia wajib mengisi kemerdekan serta membangun negara Indonesia ini supaya menjadi negara yang maju. Demikian pidato saya, apabila tuturkata saya ada yang salah baik yang disengaja maupun tidak disengaja saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wasalamungalikum wr. Wb.


2 comments:

  1. I really liked the article you created, perhaps in other occasions I can read the article that you created back, hopefully better and nice again. thank you for information and advice.
    poin4d

    nonton film subtitle indonesia

    http://newpoin4d.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Hello I want to discuss about Fastbet99.biz website. And for those of you who want to play fastbet99, agen bola, judi online or betting the ball to the right place. Guaranteed safe because you play in a reliable place.

    ReplyDelete