Sunday, 25 October 2015

Cabang-cabang Biologi Sangat Penting untuk Dipahami

Cabang-cabang biologi sangat penting untuk dipahami oleh siapa saja yang ingin mendalami biologi. Dengan kita belajar tentang cabang-cabang biologi maka kita akan mengetahui pembagian-pembagian dalam ilmu biologi. Cabang-cabang biologi ini sangat banyak sekali. Cabang-cabang biologi pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua, yaitu pembagian berdasarkan lapisan vertikal dan pembagian berdasarkan keratan taksonomi. Baiklah kita akan membahas cabang-cabang biologi yang pembagiannya berdasarkan lapisan vertikal. Pembagian cabang-cabang biologi berdasarkan lapisan vertikal ada 12 cabang biologi.


Cabang biologi berdasarkan lapisan vertikal yang pertama yaitu morfologi. Morfologi artinya cabang biologi yang mempelajari tentang bentuk luar tubuh. Bentuk luar tubuh berarti bagian yang ada diluar tubuh. Cabang biologi berdasarkan lapisan vertikal yang kedua yaitu anatomi. Anatomi artinya cabang biologi yang mempelajari tentang bagian-bagian dalam tubuh. Bagian-bagian dalam tubuh misalnya jantung, paru-paru, hati, empedu, pankreas, dan lain-lain. Cabang biologi berdasarkan lapisan vertikal yang ketiga yaitu histologi. Histologi artinya cabang biologi yang mempelajari tentang jaringan mikroskopis. Cabang biologi berdasarkan lapisan vertikal yang keempat yaitu fisiologi. Fisiologi artinya cabang biologi yang mempelajari tentang faal atau peoses kerja tubuh. Cabang biologi berdasarkan lapisan vertikal yang kelima yaitu genetika. Genetika artinya cabang biologi yang mempelajari tentang sifat keturunan / pewarisan sifat. Cabang biologi berdasarkan lapisan verikal yang keenam yaitu embriologi. Embriologi artinya cabang biologi yang mempelajari tentang perkembangan embrio. Cabang biologi berdasarkan lapisan vertikal yang ketujuh yaitu organologi. Organologi artinya cabang biologi yang mempelajari tentang organ. Cabang biologi berdarkan lapisan vertikal yang kedelapan yaitu teratologi. Teratologi artinya cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang kemungkinan bayi cacat dalam kandungan. Cabang biologi berdasarkan lapisan vertikal yang kesembilan yaitu ekologi. Ekologi artinya cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang rumah organisme. Cabang biologi berdasarkan lapisan vertikal yang kesepuluh yaitu evolusi. Evolusi artinya cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang perkembangan makhluk hidup dari sederhana ke arah yang sempurna. Cabang biologi berdasarkan lapisan vertikal yang kesebelas yaitu palaeontologi. Palaeontologi artinya cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang kehidupa organisme di masa lampau. Cabang biologi berdasarkan lapisan vertikal yang kedua belas yaitu ontogeni. Ontogeni artinya cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang perkembangan makhluk hidup sejak embrio hingga dewasa.


Sekarang kita akan mempelajari cabang-cabang biologi yang pembagiannya berdasarkan keratan taksonomi. Pembagian cabang biologi berdasarkan keratan taksonomi ada 8 cabang biologi. Pembagian cabang biologi berdasarkan keratan taksonomi yang pertama yaitu mikologi. Mikologi artinya cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur. Pembagian cabang biologi berdasarkan keratan taksonomi yang kedua yaitu mikrobiologi. Mikrobiologi artinya cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang jasad renik. Pembagian cabang biologi berdarkan keratan taksonomi yang ketiga yaitu virologi. Virologi artinya cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang virus. Pembagian cabang biologi berdasarkan keratan taksonomi yang keempat yaitu entomologi. Entomologi artinya cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang serangga. Pembagian cabang biologi berdasarkan keratan taksonomi yang kelima yaitu ornitologi. Ornitologi artinya cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang burung. Pembagian cabang biologi berdasarkan keratan taksonomi yang keenam yaitu botani. Botani artinya cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang tumbuhan. Pembaian cabang biologi berdasarkan keratan taksonomi yang ketujuh yaitu zoologi. Zoologi artinya cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang hewan. Pembagian cabang biologi beradasarkan keratan taksonomi yang kedelapan yaitu bakteriologi. Bakteriologi artinya cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang bakteri.

Pembahasan di atas merupan pembahasan mengenai cabang-cabang biologi berdasarkan lapisan vertikal dan berdasarkan keratan taksonomi. Jika anda memahami pembahasan di atas maka anda akan bertambah pegetahuannya. 

No comments:

Post a Comment