Thursday, 10 September 2015

Mengidentifikasi Teks Cerita Pendek dengan Benar

Mengidentifikasi teks cerita pendek sangat penting sekali. Dengan kita mengidentifikasi teks cerita pendek maka kita akan mengetahui apakah cerita itu memang benar cerita pendek atau bukan. Sebenarnya untuk mengidentifikasi teks cerita pendek itu kita bisa menggunakan kriteria struktur dan kaidah teks cerita pendek. Selain menggunakan kriteria struktur dan kaidah, untuk mengidentifikasi teks cerita pendek juga bisa dilakukan dengan memperhatikan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita pendek. 

Contoh-contoh nilai-nilai yang terkandung dalam certia pendek adalah sebagai berikut:

1        Nilai moral

Nilai yang berhubungan dengan budi pekerti, baik dan buruk adalah pengertian dari nilai moral. Niali moral dalam masyarakat sangat penting sekali. Seseorang yang mempunyai nilai moral yang baik maka orang tersebut akan disukai oleh orang banyak. Kebalikannya jika seseorang yang mempunyai nilai moral yang tidak baik maka orang tersebut tidak disukai oleh orang lain. Nilai moral bisa di tanam sejak dini. Apabila seseorang sudah di tanam nilai moral yang baik sejak kecil maka orang tersebut akan mempunyai bekal yang baik kelak setelah orang tersebut menjadi dewasa. Nilai moral dalam sebuah teks cerita pendek itu sangat memegang peranan penting. Jika di dalam cerita pendek tersebut mengandung nilai moral yang baik, maka cerita pendek tersebut cocok untuk dibaca oleh anak-anak maupun orang dewasa.

2.       Nilai budaya


Nilai yang berkaitan dengan sosial dan budaya di lingkungan masyarakat adalah pengertian dari nilai budaya. Budaya adalah kebiasaan seseorang yang dilakukan secara turun temurun. Budaya merupakan faktor penting untuk menjaga tetap bertahannya suatu peradaban masyarakat disuatu daerah tertentu. Misalnya di Jawa ada budaya wayang kulit. Wayang kulit ini akan tetap bertahan jika generasi keturunannya mepelajari dan mencintai wayang kulit tersebut. Tetapi jika generasi penerusnya tidak suka tehadap wayang  kulit maka yang terjadi adalah wayang kulit tersebut lambat laun akan hilang. Supaya wayang kulit tersebut tidak hilang maka di harapkan generasi berikutnya harus mencintai dan mempelajari wayang kulit tersebut. Dalam cerita pendek nilai budaya sangat memegang peranan penting. Jika ada cerita pendek yang mengandung nilai budaya yang baik maka cerita pendek tersebut sangat cocok dibaca oleh siapa saja.

3.       Nilai Pendidikan

Nilai pendidikan adalah nilai keteladanan yang baik. Nilai keteladanan yang baik ini sangat cocok untuk memberi contoh dan suri tauladan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Pendidikan sampai sekarang menjadi ujung tombak kemajuan suatu bangsa. Jika penduduk disuatu bangsa masyarakatnya banyak yang berpendidikan tinggi maka negara itu kemungkinan besar akan maju. Jika suatu daerah banyak masyarakatnya yang berpendidikan tinggi maka daerah tersebut kemungkinan besar akan menjadi daerah yang maju. Dalam cerita pendek, nilai pendidikan sangat bermanfaat sekali. Pendidikan yang diharapkan adalah pendidikan yang positif sehingga bisa membuat seseorang menjadi lebih baik.

4.       Nilai Politik

Nilai politik adalah nilai yang nilai yang berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Politik memang kadang bemanfaat, tetapi jika melakukan politik yang tidak sehat maka itu kurang baik. Biasanya kalau akan diadakan pemilihan umum kepala daerah atau pemilihan presiden itu biasanya ada beberapa orang yang mekukan politik tidak sehat atau politik tidak baik. Contoh politik tidak baik misalnya memfitnah, mengadu domba, dan lain-lain. Jadi di harapkan jika ada pemilihan kepala daerah atau pemilihan presiden diharapkan menggunakan politik yang baik supaya masyarakat menilainya juga baik. Di dalam cerita pendek jika mengandung nilai politik diharapkan nilai politik itu adalah nilai politik yang baik supaya orang yang membaca cerita pendek itu akan mendapat  inspirasi mendapat pendidikan politik yang baik pula.

5.       Nilai sosial

Nilai yang berhubungan dengan kehidupan sosial adalah pengertian dari nilai sosial. Nilai sosial di dalam cerita pendek sangat penting, karena didalamnya mengandung hubungan antara individu yang satu dengan individu yang lain. Nilai sosial yang baik misalnya bekerja bakti membangun jembatan, membantu tetangga yang sedang kesusahan dan lain-lainnya.

6.       Nilai estetika

Nilai yang berkaitan dengan keindahan dalam unsur intrinsik karya sastra adalah pengertian dari nilai estetika. Memang sesuatu yang indah akan menyenangkan hati dan pikiran. Begitu juga di dalam cerita pendek bahwa nilai estetika sangat penting sekali. Hal itu supaya para penikmat cerita pendek akan menikmati dengan penuh suka cita.

7.       Nilai agama


Nilai yang berhubungan dengan ajaran agama adalah pengertian dari nilai agama. Agama adalah kompas kehidupan. Dengan beragama maka seseorang akan mendapatkan arah yang baik dengan jalan yang baik pula. Di dalam cerita pendek nilai agama sangat penting karena untuk memberi contoh yang baik terhadap pembaca cerita pendek tersebut.

No comments:

Post a Comment