Tuesday, 1 September 2015

Mengidentifikasi Teks Anekdot dengan Benar


Jika anda ingin mengidentifikasi teks anekdot maka anda pasti bisa melakukannya. Asalkan anda mengetuahui kriteria untuk mengidentifiksi teks anekdot. Berikut akan dipaparkan kriteria untuk mengidentifikasi teks anekdot:

1.       Lucu atau tidak lucu ceritanya

Lucu atau tidak lucu ceritanya maksudnya apakah ceritanya lucu atau tidak. Apabila ceritanya itu lucu pasti orang yang membaca teks anekdot tersebut akan tertawa. Kalau orang yang membaca cerita itu tertawa pasti cerita itu lucu. Tetapi apabila orang yang membaca cerita itu tidak tertawa pasti cerita itu tidak lucu. Orang yang banyak tertawa biasanya awet muda. Dengan membaca teks anekdot yang lucu maka orang tersebut akan terhibur, dan meghilangkan pikiran yang penat. Biasanya teks anekdot yang lucu biasanya ceritanya unik. Karena unik seingga menimbulkan ceritanya lucu. Kelucuan dalam teks anekdot sangat berperan penting.


2.       Ceritanya datar saja ataukah menyindir untuk memberi nasihat

Dalam teks anekdot memang kadang ceritanya datar saja, tetapi ada juga teks anekdot yang ceritanya menyindir untuk memberi nasihat. Kalau yang ceritanya datar saja maka teks anekdot tersebut kurang baik. Tetapi jika teks anekdot tersebut menyindir untuk memberi nasihat maka cerita teks anekdot tersebut sangat baik. Nasihat di dalam teks anekdot sangat penting sekali karena bisa menjadi inspirasi kita semua. Dengan adanya inspirasi maka seseorang akan mendapat pencerahan atau ide-ide yang tidak terduga-duga sebelumnya. Cerita dalam teks anekdot  yang tujuannya menyindir untuk memberi nasihat diharapkan bisa membangun insan manusia menjadi lebih baik.

3.       Makna ceritanya mengkritik

Makna ceritanya mengkritik maksudnya ceritanya bermakna mengkritik secara santun. Jika mengkritik tidak dengan cara yang santun maka teks anekdot tersebut tidak termasuk teks yang baik. Jika anda megidentifikasi teks anekdot maka kriteria ini perlu di perhatikan secara serius. Jika anda ingin menulis teks anekdot maka anda diharapkan maknanya mengkritik secara sopan. Contoh mengkritik secara sopan: Sudah siang apakah baik tidur terus? Itu adalah contoh kritikan yang sopan. Penggalan kritikan yang tadi maksudnya mengkritik agar bangun dipagi hari supaya lebih awal. Jangan bermalas-malasan bangun pagi. Bangun pagi itu harus lebih awal supaya pekerjaan dipagi hari dapat dikerjakan dengan baik dan tepat waktu.

4.       Cerita dalam teks anekdot berkisar terhadap orang-orang penting

Cerita dalam teks anekdot berkisar terhadap orang-orang penting adalah kritera yang perlu diperhatikan jika anda ingin mengidentifikasiteks anekdot. Orang-orang penting itu banyak sekali contohnya. Misalnya, Presiden, menteri, raja, Gubernur, bupati dan orang-orang penting yang lainnya. Kenapa diusahakan orang-orang penting, karena orang-orang penting itu mempunyai pengaruh yang besar sekali terhadap masyarakat umum. Orang-orang itu menjadi tauladan dan contoh. Jadi jika ingin mengidentifikasi teks anekdot, maka kriteria ini perlu diperhatikan dengan seksama.

5.       Ada tujuan tertentu dalam cerita yang disajikan

Tujuan dalam cerita teks anekdot sangat penting sekali. Oleh karena itu untuk mengidentifikasi teks anekdot, kriteria nomor lima ini perlu diperhatikan dengan seksama. Misalnya dalam teks anekdot ada yang tujuannya untuk memperbaiki dunia hukum kita yang belum baik, atau teks anekdot yang tujuannya untuk menasehati anak, atau teks anekdot yang tujuannya untuk hidup hemat dan lain-lainnya. Yang jelas kriteria ini perlu diperhatikan jika anda ingin mengidentifikasi teks anekdot.

6.       Maksud ceritanya untuk menghibur


Maksud ceritanya untuk menghibur artinya ceritanya diusahakan memang untuk menghibur si pembaca teks anekdot. Yang namannya menghibur pasti membahagiakan. Jadi yang tadinya hatinya gundah setelah membaca teks anekdot menjadi terhibur. Jadi jika anda mengidentifikasi teks anekdot maka kriteria nomor enam ini harus diperhatikan dengan cermat.

No comments:

Post a Comment