Saturday, 26 September 2015

Mengevaluasi Teks Cerita Pendek dan Mengonversi Teks Cerita Pendek ke dalam Teks lain

Mengevaluasi Teks Cerita Pendek

Mengevaluasi Teks Cerita Pendek merupakan kegiatan yang menentukan apakah teks tersebut termasuk teks cerita pendek atau bukan. Mungkin anda pernah membaca cerita, baik dalam bentuk cerita wayang, cerita seri budaya, cerita seri masyarakat, maupun cerita horor. Cerita-cerita tersebut dapat didokumentasi dalam bentuk apapun dan tentu dievaluasi apakah cerita-cerita tersebut termasuk teks cerita pendek.


Cara terakhir untuk lebih mendapatkan pemahaman sebuah teks, apakah teks tersebut merupakan teks cerita pendek atau bukan yaitu dengan melaksanakan evaluasi. Evaluasi dilaksanakan sesudah analisis terhadap teks selesai. Teknik mengevaluasi teks cerita pendek adalah dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:

1.       Apakah teks tersebut bisa ditelaah dengan struktur dan kaidah teks cerita pendek atau tidak?
2.       Apakah teks tersebut dapat ditelaah dengan unsur instrinsik teks cerita pendek dan usur ekstrinsik teks cerita pendek?


Mengonversi Teks Cerita Pendek ke dalam Teks Lain

Mengonversi teks cerita pendek ke dalam teks lain adalah kegiatan yang membutuhkan ketelitian. Dengan teliti dan sungguh-sungguh maka kita dapat mengonversi teks cerita pendek ke dalam teks lain. Arti dari kata mengonversi adalah mengubah ke dalam bentuk lain. Contohnya, ada seseorang yang bernama A. A itu sudah lulus dari jurusan Ilmu Hukum S1. Ternyata seiring berjalannya waktu si A itu ingin kuliah jurusan Ilmu Komputer S1. Dari ilmu hukum ke ilmu komputer pasti ada mata kuliah yang sama atau hampir sama. Nah, si A ini supaya ada mata kuliah dari ilmu hukum yang di akui di jurusan ilmu komputer, maka si A itu mengonversi mata kuliah yang sudah pernah ditempuh dulu pada waktu kuliah di ilmu hukum.

Cara yang harus dilaksanakan untuk mengubah teks cerita pendek ke dalam teks lain adalah:

1.       Teks cerita pendek dibaca secara keseluruhan


Langkah pertama  yang harus dilakukan untuk mengonversi teks cerita pendek ke dalam teks lain adalah dengan cara membaca teks cerita pendek secara keseluruhan. Jadi anda harus membaca dari awal hingga akhir secara teliti. Dengan anda membaca teks cerita pendek itu secara keseluruhan maka anda akan menjadi paham mengenai teks cerita pendek tersebut.

2.       Dalam Teks Cerita Pendek harus diamati pilihan katanya

Langkah ke dua adalah anda harus mengamati pilihan kata (diksi) dalam teks cerita pendek tersebut. Dengan kita mengamati pilihan katanya maka kita akan mengamati apakah teks cerita pendek itu menggunakan pilihan kata yang tepat atau tidak tepat.

3.       Kata-kata yang sulit dipahami maknanya harus dicatat

Langkah yang nomor ke tiga adalah mencatat kata-kata yang sulit dipahami maknanya. Dalam teks cerita pendek biasanya ada kata-kata yang sulit atau kata-kata yang tidak biasa digunakan. Dengan adanya kata-kata yang sulit itu maka orang yang akan mengonversi wajib mencatat dan di cari artinya. Sehingga kalau sudah diketahui artinya maka akan memudahkan si pembaca untuk memahami isi teks cerita pendek tersebut.

4.       Isi teks cerita pendek dirangkum secara menyeluruh

Langkah yang ke empat adalah dengan merangkum isi teks cerita pendek secara menyeluruh. Sebelum merangkum maka seharusnya anda membaca dahulu,sesudah membaca maka anda bisa merangkum atau meringkas isi teks cerita pendek secara menyeluruh.

5.       Untuk mengonversi teks cerita pendek harus ditentukan jenis teks apa yang dipilih

Untuk mengonversi teks cerita pendek langkah yang ke lima adalah menentukan jenis teks apa yang dipilih. Misalnya mau mengonversi teks cerita pendek menjadi drama. Maka caranya harus mengubah yang tadinya narasi menjadi dialog. Karena dialog identik dengan drama.

6.       Teks cerita pendek ditulis ulang dalam bentuk lain

Langkah ke enam adalah dengan menulis ulang teks cerita pendek dalam bentuk lain. Dalam bentuk lain contohnya misalnya drama.

7.       Bentuk teks baru direvisi jika dimungkinkan ada kesalahan

Lankah yang terakhir adalah melakukan revisi terhadap bentuk teks baru seandainya ada kesalahan. Dengan kita melakukan revisi maka teks yang kita buat akan menjadi baik dan enak di baca oleh pembaca.


No comments:

Post a Comment