Monday, 28 September 2015

Memahami Struktur dan Kaidah Teks Pantun

Memahami struktur dan kaidah teks pantun adalah suatu hal yang wajib di pelajari jika ingin mendalami sebuah pantun. Teks pantun memang sudah dikenal sejak dahulu kala. Bahkan konon katanya pantun itu sudah ada sejak jaman kerajaan-kerajaan pada masa dahulu. Kenapa pantun sudah ada sejak dulu kala, karena pantun adalah berfungsi sebagai nasihat. Yang namanya nasihat memang sudah ada sejak dahulu. Nasihat bertujuan untuk menjadikan ke jalan yang baik. Biasanya nasihat itu diberikan dari orang tua ke anaknya. Dengan adanya nasihat itu diharapkan manusia-manusia akan mendapat jalan yang baik dan tetap pada aturan yang berlaku.


Pantun merupakan bentuk puisi lama yang memiliki empat baris. Jika ada yang suka menulis pantun, biasanya orang itu cerdas. Karena dengan kita menulis pantun maka otak kita akan berpikir kreatif. Dengan kita berpikir kreatif maka tanpa kita sadari otak kita akan bertambah cerdas. Baiklah kita sekarang akan membahas Struktur teks pantun dan Kaidah Teks pantun.

Struktur Teks Pantun

Struktur teks pantun wajib anda pahami jika ingin mendalami pantun. Karena struktur teks pantun adalah faktor penting dalam pantun. Stuktur teks pantun yaitu:

1.       Pantun tiap baitnya terdiri atas empat baris.


Dalam pantun itu jumlah barisnya terdiri atas 4 baris. Kalau anda ingin menulis pantun maka harus diperhatikan barisnya. Jumlah larik atau baris dalam pantun adalah 4 baris. Dua baris pertama disebut sebagai sampiran, dan dua baris berikutnya disebut isi. Baris dalam pantun itu tidak banyak sehingga diharapkan bagi yang ingin menulis pantun tidak kesulitan.

2.       Pantun tiap barisnya terdiri atas 8-12 suku kata

Dalam pantun tiap barisnya terdiri dari 8-12 suku kata. Misalnya “ Kalau ada sumur diladang”, baris tersebut memiliki sembilan suku kata. Berarti baris itu masih memiliki struktur teks pantun.

3.       Pantun bersajak silang atau ab-ab.

Pantun bersajak ab-ab maksudnya bahwa bunyi akhir baris pertama sama dengan bunyi akhir baris ketiga, dan bunyi akhir baris kedua sama dengan bunyi akhir baris keempat.  Misalnya baris pertama berakhiran u, baris kedua berakiran a, maka baris ketiga berahiran u, dan baris ke empat berakhiran a. Dengan demikian sajak dalam pantun adalah a b a b.

Kaidah Teks Pantun

Kaidah teks pantun adalah faktor penting dalam pantun. Jadi anda harus memahami kaidah teks pantun. Kaidah teks pantun yaitu:

1.       Pantun Isinya berupa nasihat, sindiran, curahan hati, kelakar, perumpamaan, pepatah, peribahasa dan lain-lain.

Pantun memang isinya beraneka ragam, ada yang berupa nasihat, ada yang berupa curahan hati, ada yang berupa hiburan, ada yang berupa cinta dan lain-lainnya. Itu semua tergantung kepada pikiran penulisnya. Biasanya kalau anak remaja lebih suka menulis pantun cinta. Biasanya pantun cinta lebih di sukai anak remaja karena anak remaja lagi dalam masa pencarian. Kalau pantun nasihat biasanya ditulis oleh orang tua untuk anaknya. Tujuan pantun nasihat ini adalah untuk menasihati anaknya atau menasehati orang lain.

2.       Pantun fungsinya antara lain untuk pendidikan, penghargaan atau terimakasih, kecedasan berbahasa, kasih sayang, cinta dan lain-lain.

Memang fungsi dari pantun itu banyak sekali, misalnya untuk pendidikan. Pendidikan moral biasanya sering dilantunkan dalam pantun, karena dengan membaca pantun diharapkan bisa memberi pendidikan yang baik bagi yang membacanya. Selain itu fungsi pantun yang lain misalnya untuk mengucapkan terima kasih. Kalau orang jaman dahulu biasnya kalau mengucapkan terimakasih ada yang menggunakan pantun. Jika mengucapkan terimakasih dengan pantun maka akan lebih menarik.

3.       Pantun bahasanya halus, tidak langsung pada isi, menggunakan pengantar yang berupa sampiran.


Dalam pantun memang bahasanya halus, selain bahasa dalam pantun halus, pantun juga bahasanya tidak langsung pada isi karena sebelum isi ada sampiran. Jadi dalam pantun itu ada sampiran dan ada isi.

9 comments:

  1. wah pantunnya bagus dan penjelasannya juga lengkap, sedikit koreksi untuk bagian yang pantun bersajak ad-ab, yang benari ab-ab, mohon untuk diganti biar kawan semua nanti tidak salah, salam kenal saya admin informasi belajar, Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih mas atas informasinya.
      maaf mas itu saya salah mengetiknya.
      akan saya perbaiki mas.
      trimakasih mas

      Delete
  2. Pantunnya bermanfaat sekali, buat anak anak sekolah nih wajib kunjungi Kumpulan tugas dan materi kelas SMA
    kalo yang mau baca materi tentang pantun lengkap dengan contohnya langsung saja klik
    TEKS PANTUN : Pengertian, struktur teks, kaidah kebahasaan dan contoh teks pantun

    ReplyDelete
  3. thanks materinya gan..kunjungi juga tempat cari tugas dan materi untuk belajar yang lengkap dan mudah dipahami materi belajar sma

    ReplyDelete
  4. Pengertian, struktur hingga contoh pantun yang diberikan oleh blog ini sepertinya tidak beda jauh dengan yang ada di blog Pintar Sekolah dan memang teks pantun itu sangat populer dan menarik ya

    ReplyDelete
  5. Terimakasih atas penjabaran terkait artikel diatas, semoga kedepannya bisa terus menambahkan artikel bermanfaat lainnya

    Materi Pelajaran

    Jgn lupa untuk mengunjungi artikel ini


    Sejarah Gerakan Non Blok Di Indonesia

    ReplyDelete