Wednesday, 9 September 2015

Cara Menulis Teks Cerita Pendek dengan Mudah

Jika anda ingin menulis cerita pendek maka sebenarnya banyak cara untuk menulis teks cerita pendek itu. Kali ini kita akan membahas cara yang mudah untuk menulis teks cerita pendek. 

Cara menulis cerita pendek dengan mudah yaitu:

1.       Memilih bahan

Bahan adalah dasar untuk melakukan sesuatu. Bahan sangat penting, karena tanpa bahan sesuatu yang akan di lakukan akan kurang. Misalnya kita mau membuat rumah, maka bahan dasarnya sangat diperlukan sekali. Jika kita membangun rumah tetapi bahan dasar tidak terpenuhi maka yang terjadi adalah rumah itu tidak akan bediri kokoh. Mungkin rumah itu akan roboh dengan cepat dibanding rumah yang terpenuhinya bahan untuk membuat rumah itu. Contoh lain bahwa bahan sangat diperlukan. Jika seorang ilmuwan mau meneliti sesuatu, pasti ilmuwan itu akan membutuhkan banyak bahan. Kenapa ilmuwan memerlukan banyak bahan, karena dengan adanya bahan yang banyak maka ilmuwan itu akan bia membandingkan penelitian yang satu dengan penelitian yang lainnya. Di dalam cerita pendek, memilih bahan sangat penting sekali. Kenapa di dalam cerita pendek memilih bahan sangat penting sekali. Karena bahan di dalam cerita pendek adalah dasar untuk menulis teks cerita pendek tersebut. Bahan untuk menulis teks cerita pendek sangat beraneka ragam, misalnya pengalaman orang lain, pengalaman teman, pengalama sendiri, atau apa saja yang kita lihat dapat dipilih menjadi bahan di dalam isi sebuah teks cerita pendek.

2.       Menulis judul


Judul dalam teks cerita pendek sangat bermanfaat sekali. Judul dalam teks cerita pendek biasanya menggambarkan cerita pendek tersebut. Misalnya judul dalam teks cerita pendek “Lari-lari Pagi.” Judul yang sederhana seperti itu mengandung cerita yang menarik. Di dalam cerita pendek yang berjudul “Lari-lari Pagi” itu isi ceritanya banyak pemuda yang lari-lari pagi. Pemuda itu ingin berlari-lari pagi sekaligus ingin menghirup udara yang bersih dan sehat. Dengan menghirup udara yang bersih dan sehat maka jantung dan paru akan sehat pula. Kriteria membuat judul dalam teks cerita pedek adalah bahwa judul dan nama penulis harus ditulis di awal teks cerita pendek. Kriteria yang lain jika kita ingin membuat judul adalah judul dalam teks cerita pendek diusahakan singkat, mudah dipahami, dan mudah diingat. Kriteria yang lain yang harus diperhatikan jika kita menulis judul adalah bahwa judul yang baik itu menggambarkan isi teks cerita pendek, menarik minat pembaca dan ditulis dengan menggunakan huruf kapital ssesuai kaidah.

3.       Menulis Opini

Opini nama lainnya adalah pendapat. Opini dalam teks cerita pendek maksudnya adalah bagamaina penulis memandang sebuah kejadian atau peristiwa atau hal-hal disekitarnya. Selain itu opini di dalam teks cerita pendek juga mengandung pandangan penulis mengenai suasana dan situasi tertentu. Opini dalam teks cerita pendek ini ditulis dalam beberapa baris atau beberapa paragraf untuk memudahkan teks cerita pendek yang akan dibuat.

4.       Berimajinasi

Berimajinasi nama lainnya adalah berkhayal. Berimajinasi dalam menulis teks cerita pendek sangat di perlukan sekali. Dengan kita pandai berimajinasi maka teks cerita pendek yang kita tulis akan indah dan menarik. Jika ada seseorang yang tidak pandai berimajinasi atau berkhayal maka jika seseorang itu menulis teks cerita pendek maka cerita pendeknya kurang menarik. Jadi supaya cerita pendek yang kita buat menarik, maka sebaiknya pandai-pandailah berimajinasi atau berkhayal.

5.       Mengembangkan Imajinasi

Pada tahap kelima ini jika kita menulis teks cerita pendek adalah mengembangkan imajinasi. Jika kita pandai mengembangkan imajinasi maka cerita pendek yang kita buat akan menarik dan panjang. Kebalikannya jika kita tidak pandai mengembangkan imajinasi maka cerita pendek yang dibuat kurang menarik.

6.       Membaca ulang sekaligus melakukan editing

Jika kita sudah menulis teks cerita pendek maka hal yang harus dilakukan adalah membaca ulang teks cerita pendek tersebut dan melakukan editing atau penyuntingan. Tujuan melakukan editing adalah untuk membetulkan tulisan kita sehingga cerita pendek yang kita tulis akan indah dan menarik untuk di baca.


No comments:

Post a Comment