Sunday, 27 September 2015

Biologi Sangat Penting dalam Kehidupan Manusia

Biologi sangat penting dalam kehidupan manusia karena dengan biologi hidup kita akan menjadi terbantu. Dengan kita belajar biologi maka kia dapat tahu tentang tubuh manusia, kita dapat tahu tentang lingkungan, kita dapat tahu tentang tumbuhan, kita dapat tahu tentang hewan, dan kita dapat mengetahui sistem yang menjalalankan proses kehidupan. Pondasi untuk mempelajari ilmu-ilmu terapan yang lain antara lain yang harus dipelajari adalah biologi. Misalnya dokter, dokter itu harus mempunyai pengetahuan biologi yang baik. Selain dokter, misalnya adalah sarjana pertanian juga harus mempunyai pengetahuan biologi yang baik. 

Pentingnya mempelajari biologi tidak hanya dikalangan akademisi saja, para petani dan peternak pun di usahakan mempelajari biologi. Karena dengan mempelajari biologi para petani dan peternak itu akan lebih maju. Di zaman sekarang, biologi adalah pelajaran yang penting untuk dipelajari. Banyak ilmu-ilmu baru yang diturunkan dari biologi yang sekarang baru berkembang pesat. Misalnya ilmu genetika dan rekayasa genetika telah menjadi ilmu yang di abad ini sangat gemar dipelajari oleh orang-orang.

Karakteristik Ilmu Biologi

Objek yang dipelajari dan permasalahan yang dikaji adalah hal yang menentukan dalam karakteristik ilmu biologi. Makhluk hidup adalah salah satu objek yang dipelajari dalam ilmu biologi. Makhluk hidup memiliki ciri-ciri tersendiri jika dibandingkan dengan objek ilmu alam yang lainnya. Di bawah ini ialah karakteristik dasar makhluk hidup:

1.       Sel merupakan penyusun makhluk hidup


Pada dasarnya makhluk hidup itu tersusun dari satu sel (uniseluler) atau banyak sel (multi seluler). Membran adalah pelindung setiap sel yang memisahkannya dari lingkungan.

2.       Pertumbuhan dan perkembangan dialami oleh makhluk hidup

Pertumbuhan yang dialami oleh makhluk  hidup maksudnya pertambahan jumlah sel ataupun perubahan ukuran sel menjadi semakin besar. Tolak ukur pertumbuhan yang bisa kita amati misalnya suatu ornganisme bertambah tinggi atau bertambah berat. Selain mengalami pertumbuhan, makhluk hidup juga mengalami perkembangan. Perubahan sel menjadi bentuk yang berbeda dan menjalankan suatu fungsi tententu adalah yang dimaksud perkembangan. Contoh proses perkembangan misalnya asal mula manusia adalah dari sel telur yang dibuahi, kemudian berkembang menjadi banyak sel yang memiliki fungsi dan bentuk tertentu.

3.       Metabolisme adalah proses yang dialami mahluk hidup

Metabolisme adalah reaksi penyusunan dan penguraian senyawa–senyawa yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Di dalam tubuh makhluk hidup terjadi metabolisme secara terus menerus yang tujuannya adalah supaya mahluk hidup selalu dalam keadaan lingkungan internal yang seimbang dan konstan. Keadaan lingkugan internal yang seimbang dan konstan disebut homeostasis.

4.       Respons terhadap rangsang dilakukan oleh mahluk hidup

Mahluk hidup peka terhadap rangsang, baik itu rangsangan yang berasal dari dalam tubuh maupun rangsangan dari luar tubuh. Contoh rangsang yang diterima oleh mahluk hidup misalnya perubahan arah, warna, intensitas cahaya, kadar air, tekanan, suara, dan suhu.

5.       Reproduksi dilakukan oleh mahluk hidup

Kemampuan mahluk hidup untuk melakukan reproduksi adalah suatu usaha untuk mempertahankan janisnya. Jika mahluk hidup itu tidak bisa reproduksi maka mahluk hidup itu akan punah. Mateti herediter dari induk diwariskan kepada keturunannya saat melakukan reproduksi.

6.       Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan adalah kemampuan yang dimiliki mahluk hidup

Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan adalah sangat penting jika suatu mahluk hidup ingin tetap bertahan hidup. Jika mahluk hidup itu tidak bisa beradaptasi maka mahluk hidup itu akan mati. Misalkan ada salah satu mahluk hidup yang tidak biasa hidup di cuaca yang sangat dingin sekali, mahluk hidup itu tidak bisa beradaptasi maka mahluk hidup itu akan mati. Sebaliknya jika mahluk hidup itu bisa beradaptasi maka mahluk hidup itu akan bertahan hidup. Kebanyakan mahluk hidup itu bisa beradaptasi dengan lingkungannya.





No comments:

Post a Comment