Sunday, 2 August 2015

Manfaat Terong untuk Kesehatan

Terong adalah salah satu jenis sayuran yang di sukai oleh masyarakat. Terong warnanya sangat bagus yaitu terong berwarna ungu. Ungu adalah sebuah warna yang enak dipandang. Terong tidak hanya enak dipandang melainkan enak juga dimakan. Dulu ketika aku pertama kali melihat terong saya terkagum-kagum. Kenapa saya terkagum-kagum, karena terong sangat unik wujudnya dengan wujud sayuran lain. Saya dulu sempat hampir tidak percaya, apakah itu benar yang namanya sayuran terong. Ternyata setelah saya mendapat penjelasan dari orang yang sudah berpengalaman pada saat itu, saya akhirnya percaya bahwa itu yang namanya sayuran terong. Saya dulu waktu kecil pertama kali makan sayuran terong kalau ngga salah ketika saya duduk di bangku kelas dua sekolah dasar. Saya ingat betul ketika saya dulu disuruh makan sayuran terong oleh ibu saya. Ibu saya dulu mengatakan, “Ayo nak ini makan sayuran terong ini, ini baik lho untuk kesehatan”, kata ibi saya. Saya terus menjawab, “iya bu”.
Dulu saya bertanya-tanya apakah manfaat sayuran terong itu. Ternyata banyak orang yang bilang bahwa manfaat sayuran terong itu sangat besar sekali. Hal itu terbukti ketika dulu saya makan sayuran terong, saya dulu merasakan betapa segarnya tubuh saya ini. Tubuh saya yang segar dan sehat saya rasakan ketika dulu selesai makan sayuran terong. Timbul pertanyaan di sanubari saya, apakah yang menyebabkan saya merasa sehat dan segar? Saya dulu secara langsung bahwa  ternyata yang menyebabkan saya dulu merasa sehat dan segar adalah ketika saya selah makan sayuran terong. Memang itu betul, karena banyak yang mengatakan bahwa makan sayuran terong sangat baik untuk kesehatan.


Berikut akan diuraikan beberapa manfaat terong untuk kesehatan:


1.       Terong bermanfat untuk makanan otak

Bagi anda yang menginginkan otak cerdas dan pintar, maka sebaiknya anda makan terong. Karena dengan makan terong maka otak akan mendapat makanan sehingga otak menjadi cerdas dan pintar. Biasanya kalo untuk para remaja, terong itu sangat cocok sekali. Karena pada usia remaja, itu dalah usia petumbuhan, baik itu pertumbuhan fisik, maupun psikis. Nah, disitu jelas sekali, bahwa yang berkitan dengan prikis itu berkaitan dengan otak. Kalau ingin otaknya cerdas dan pintar maka diharapkan anda makan terong secara rutin.

2.       Terong bermanfaat untuk pncernaan supaya lebih baik

Pencernaan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Jika seseorang pencernaanya terganggu maka seseorang itu akan sulit untuk buang air besar, dan biasanya juga disertai sakit perut. Jika pencernaannya lancar maka biasanya buang air besarnya lancar, perutnya tidak sakit dan badan akan merasa sehat. Jadi supaya pencernaanya lancar, maka diharapkan makan terong secara rutin.

3.       Terong bermanfaat untuk pencegah diabetes

Diabetes adalah penyakit yang membuat sipenderita sakit itu kesakitan. Ada seseorang mengatakan bahwa katanya kalau orang yang keturunan penderita diabetes maka orang tersebut resiko lebih besar terkena diabetes. Memang pendapat itu ada benarnya, tetapi tidak seratus persen benar. Untuk mencegah diabetes maka disarankan makan terong secara rutin.

4.       Terong bermanfaat untuk menyehatkan jantung

Jantung yang sehat itu adalah idaman bagi setiap orang. Banyak orang-orang yang menghabiskan banyak uang hanya untuk menjaga kesehatan jantung. Supaya jantung anda  sehat maka disarankan anda makan terong secara rutin. Sebab terong itu berfungsi untuk menurunkan kadar kolestrol jahat sehingga jantung akan sehat.

5.       Terong bermanfaat untuk mengontol tekanan darah tinggi

Di dalam terong mengandung bioflavonoid yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga kalau anda mengiginkan tekanan darah yang normal maka sebaiknya anda makan terong secara rutin. Supaya tubuh anda sehat dan segar.

6.       Terong bermanfaat untuk kesehatan tulang

Di dalam terong mengandung kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Jika tulang anda sehat maka anda akan sulit untuk terkena penyakit tulang. Contoh penyakit tulang misalnya osteoporosis. Jadi supaya tulang anda sehat dan kuat maka disarankan anda makan terong secara rutin.

7.       Terong bermanfaat untuk mencegah anemia

Anemia adalah penyakit yang dikarenakan kekurangan darah. Jika anda terkena penyakit anemia maka biasanya anda merasa letih, lesu, dan lemas. Jadi supaya anda tidak terkena penyakit anemia maka disarankan anda makan terong secara rutin. 


No comments:

Post a Comment