Sunday, 30 August 2015

Kaidah Teks Cerita Pendek

Dalam teks cerita pendek terdapat kaidah teks cerita pendek. Kaidah teks cerita pendek adalah faktor yang penting dalam cerita pendek. Adapun kaidah teks cerita pendek adalah sebagai berikut:

1.       Kaidah teks cerita pendek menggunakan pertanyaan retorik

Pertanyaan retorik adalah pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban. Pertanyaan retorik dalam teks cerita pendek biasanya dinyatakan oleh tokoh utama. Pertanyaan retorik sangat penting sekali dalam teks cerita pendek. Contoh pertanyaan retorik:
- Maukah kamu hidup bahagia?
- Apakah anda mau hidup dijajah?
- Sampai kapan kita seperti ini terus?

2.       Kaidah teks cerita pendek menggunakan proses material


Proses material maksudnya mengandung pengertian tindakan-tindakan fisik untuk mempertahankan suatu karakter tertentu dalam tiap peran tokoh. Misalkan ada karakter dalam tokoh pemberani atau tegas atau disiplin atau yang lainnya. Dengan adanya proses material maka teks cerita pendek akan lebih menarik dan bagus. Proses material ini tidak boleh di hilangkan. Proses material ini harus ada dalam sebuah teks cerita pendek.


3.       Kaidah teks cerita pendek menggunakan konjungsi temporal

Faktor penting dalam kaidah teks cerita berikutnya adalah bahwa di dalam teks cerita pendek menggunakan konjungsi temporal. Konjungsi temporal banyak diguanakan pada cerita/teks cerita pendek untuk menggambarkan urutan peristiwa dan kepaduan cerita. Contoh konjungsi temporal misalnya:
- suatu hari
- nantinya akan
- ketika itu

4.       Kaidah teks cerita pendek menggunakan pilihan kata

Kalau kita ingin menulis cerita pendek maka kita harus memperhatikan pilihan katanya. Kita harus menggunakan kata-kata yang tepat sehingga cerita pendek yang kita tulis akan menarik dan banyak digemari oleh pembaca. Contoh kata “ajang” pada kalimat “Kita harus mengikuti ajang sepak bola itu dengan serius.” Kata ajang sebenarnya sama dengan pertandingan, tetapi supaya lebih menarik pembaca maka kata pertandingan diganti dengan kata ajang.

5.       Kaidah teks cerita pendek menggunakan gaya bahasa yang efektif

Mungkin anda sering mendengar kata “gaya bahasa.” Gaya bahasa sangat bermanfaat untuk teks cerita pendek. Gaya bahasa yang efektif dapat dimanfaatkan untuk mengungkapkan maksud-maksud secara tepat. Jika di dalam teks cerita pendek menggunakan bahasa yang santun dan sederhana maka manfaatnya dapat membuat pembaca kerasan menikmatinya.

6.       Kaidah teks cerita pendek menggunakan kalimat yang komunikatif

Kalimat di dalam teks cerita pendek menggunakan kalimat yang komunikatif supaya pembaca lebih menikmati cerita pendek tersebut. Teks cerita pendek supaya komunikatif biasanya menggunakan kalimat yang familiar sehingga kalimatnya lebih komunikatif dan lebih akrab. Biasanya dalam teks cerita pendek, kalimatnya tidak baku. Tetapi itu tidak apa-apa karena dalam teks cerita pendek itu menggunakan kalimat tidak baku itu diperbolehkan.
Contoh penggalan cerita pendek yang menggunakan kalimat yang komunikatif:
Pada waktu itu, Budi makan bakso di pasar Tumenggungan. Budi makan bakso bersama temannya yang bernama Joko. Budi boncengan dengan Joko menggunakan sepeda montor. Mereka berdua sering makan bakso bersama di pasar. Budi lebih suka apabila makan baksonya menggunakan saos yang banyak banget tapi sedikit sambal uleg. Kebalikannya kalau Joko lebih suka menggunakan sambal uleg yang banyak tetapi lebih suka menggunakan saos yang sedikit. Budi dan Joko suka sama bakso sejak mereka duduk di bangku SMP. Joko dan Budi kalau makan bakso memang seringnya berdua. Joko dan Budi kalau sehabis makan bakso mereka terus minum es jeruk. Es jeruk sangat bermanfaat untuk kesehatan. Karena es jeruk ada sari buah jeruknya. Buah jeruk kita tahu banyak mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan.


1 comment:

  1. sangat lengkap sekali bung, baca juga pos saya http://vracarsa.blogspot.co.id/2016/06/struktur-dan-kaidah-teks-cerpen.html semoga bisa menambahkan

    ReplyDelete