Tuesday, 21 July 2015

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Buah semangka memang sudah terkenal sejak jaman dahulu. Cucurbitaceae botani adalah anggota keluarga semangka. Buah semangka memang sudah di sukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Buah semangka selain mudah di dapat, buah semangka juga tidak begitu mahal. Bagi anda yang hobi makan buah semangka, maka anda beruntung.  Karena buah semangka mengandung banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

Berikut akan di paparkan beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan:




1.       Buah semangka bermanfaat sebagai anti penuaan dini
          Bagi anda yang ingin kelihatan muda terus, maka anda sebaiknya makan buah semangka. Karena kandungan nutrisi pada semangka berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang menyerang kulit. Kandungan nutrisi pada semangka misalnya likopen, vitamin A dan Vitamin C.

2.       Buah semangka bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit
          Seandainya anda kulitnya mudah kering sebaiknya anda hobi makan semangka. Karena buah semangka banyak mengandung air yang berlimpah. Selain itu semangka juga bisa mengurangi dehidrasi dalam tubuh. Jadi kalau anda makan buah semangka rutin, maka tubuh anda akan kelihatan segar.

Baca juga artikel menarik lainnya di www.infokur.com


3.       Buah semangka bermanfaat untuk mengurangi minyak pada wajah
          Jika anda wajahnya banyak minyaknya, maka anda kurang percaya diri. Jadi untuk mengurangi minyak pada wajah, sebaiknya makan buah semangka secara rutin.

4.       Buah semangka bermanfaat untuk memelihara kesehatan ginjal
          Ginjal adalah alat yang vital dalam tubuh. Jika ginjal rusak maka si pemilik ginjal itu pasti akan sakit. Untuk memelihara kesehatan ginjal disarankan agar makan buah semangka secara rutin. Karena di dalam semangka terdapat kandungan kalium yang berfungsi untuk membersihkan zat-zat racun pada ginjal. Kalium itu berarti membantu tugas ginjal. Selain itu buah semangka juga berfungsi menekan resiko pembentukan batu ginjal karena kadar asam urat telah dikurangi oleh buah semangka tersebut.

5.       Buah semangka bermanfaat untuk mencegah sariawan
          Kalau seseorang terserang sariawan maka orang tersebut pasti tidak enak kalo makan makanan. Walaupun seharusnya makanan tersebut lezat tetapi kalau yang mau makan tesebut sariawan tetap tidak enak. Jika anda belum terkena sariawan maka beruntunglah anda. Untuk mencegah sariawan maka anda di sarankan makan buah semangka. Karena buah semangka mengandung banyak air sehingga menghambat pertumbuhan bakteri di mulut.

6.       Buah semangka bermanfaat untuk mengurangi resiko hipertensi dan stroke
          Hipertensi dan stroke adalah termasuk golongan penyakit yang bahaya. Hipertensi di sebabkan karena pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena. Karetenoid yang terdapat dalam buah semangka berfungsi untuk mencegah hipertensi tersebut. Kalau stroke biasanya tekanan darahnya tinggi sekali. Dalam buah semangka ada kandungan kalium, kandungan kalium ini fungsinya untuk menurunkan tekanan darah, sehingga mengurangi stroke.

7.       Buah semangka bermanfaat untuk mengobati otot nyeri
          Kalau anda hobi berolahraga maka kadang anda merasa ototnya nyeri. Apalagi para atlet olahraga yang membutuhkan kekuatan fisik yang besar, pasti kadang merasakan ototnya nyeri. Untuk mengobati otot nyeri maka sebaiknya secara rutin makan buah semangka.

8.       Buah semangka bermanfaat untuk obat kuat yang alami
          Pasangan suami istri yang sudah nikah apabila sang suaminya impoten maka sang istri pasti akan menderita lahir maupun batin. Bagi anda suami yang ingin membahagiakan istri anda sebaiknya anda rutin makan buah semangka. Karena buah semangka berfungsi untuk obat kuat yang alami untuk pria dewasa.

Baca juga artikel menarik lainnya yang berjudul Mempelajari Perkembangbiakan Virus.


9.       Buah semangka bermanfaat untuk anti inflamasi dan antioksidan
          Senyawa fenolik seperti Triterpenoid, flavonoid, dan karotenoid  adalah banyak terdapat dalam buah semangka. Senyawa fenolik berfungsi untuk anti inflamasi dan antioksidan. Jika anda membeli buah semangka sebaiknya membeli buah semangka yang matang, karena mengandung senyawa fenolik yang lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment