Thursday, 23 July 2015

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Buah manggis adalah buah yang sudah terkenal di Dunia. Nama ilmiah dari buah manggis adalah Garcinia mangostana. Ada pendapat yang meyakini bahwa buah maggis itu berasal dari Indonesia. Buah manggis banyak tumbuh di negara asia tenggara. Buah manggis sering di sebut ratu buah tropis karena manfaat buah manggis yang baik untuk kesehatan tubuh. Bentuk buah manggis itu indah dipandang mata. Kulit buah manggis berwarna ungu, daging buah manggis berwarna putih yang rasanya manis, sedangkan biji buah manggis itu jangan dimakan. Yang di makan adalah daging buah manggisnya. Orang yang sekarang kebetulan sudah suka makan buah manggis, maka di sarankan tetap jaga kebiasan baik itu demi sehatnya badan. Sebab buah manggis itu banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

Di bawah ini akan dipaparkan beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh:


1.       Buah manggis mengandung antioksidan
          Di dalam buah manggis terdapat kandungan polifenol atau xanthones. Xanthones didalam buah manggis memiliki banyak fungsi dalam tubuh. Fungsi yang paling terkenal adalah untuk mengobati kanker. Jadi anda penderita kanker maka disarankan mengkonsumsi buah manggis secara rutin. Selain itu fungsi xanthones juga bisa menghambat penuaan. Jadi kalau anda menginginkan awet muda maka disarankan makan buah manggis, karena mengandung antioksidan.
2.       Buah manggis memiliki kandungan kalori yang rendah
          Kalori yang rendah itu terdapat di buah manggis. Bagi anda suka sekarang kebetulan badanya gemuk atau kelebihan berat badan, maka di sarankan untuk makan buah manggis. Karena buah manggis ini hanya mengandung 63 kalori per 100 gram, disamping itu buah manggis tidak mengandung lemak jenuh atau kolestrol. Jadi ternyata buah manggis itu aman untuk di konsumsi oleh siapa saja karena tidak mengandung kolestrol.
3.       Buah manggis mengandung vitamin C
          Vitamin C di dalam buah manggis fungsinya untuk memberikan perlawanan terhadap inveksi, flu dan menangkal radikal bebas yang berbahaya. Jadi kalo anda terkena flu maka disarankan makan buah manggis. Di samping itu kandungan vitamin C dalam buah manggis itu juga bermanfaat untuk melawan beberapa penyakit. Ternyata buah manggis itu mengandung vitamin C sekitar 12% RDA per 100 gram.
4.       Buah manggis bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah
          Seseorang apabila peredaran darahnya tidak lancar maka seseorang itu akan terkena penyakit.  Untuk memperlancar peredaran darah di dalam tubuh maka di sarankan untuk makan buah manggis. Kalau kita makan buah manggis maka itu adalah yang baik. Karena buah manggis ternyata mempunyai peranan di dalam tubuh kita yaitu mempromosikan sel darah merah dan mencegah anemia. Dengan meningkatnya aliran darah dalam tubuh kita maka menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang fungsinya membantu kita untuk melindungi terhadap penyakit tertentu misalnya kolestrol, aterosklerosis, dan nyeri pada dada yang sakit sekali. Dengan peredaran darah yang lancar maka dapat mencegah penyakit katarak pada mata.
5.       Buah manggis bermanfaat untuk kecantikan
          Bila anda mengalami masalah kulit maka di sarankan makan buah manggis, karena di dalam buah manggis terdapat anti bakteri alami dan juga terdapat anti mikroba. Buah manggis sangat baik untuk mengobati penyakit jerawat, kulit berminyak, noda kulit, dan kulit yang kering. Kulit buah manggis juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit, karena di dalam kulit buah manggis itu mengandung senyawa santon. Selain manfaat tersebut, manfat buah manggis yang lain adalah bahwa buah manggis bermanfaat untuk obat awet muda. Karena di dalam buah manggis terdapat antioksidan seperti katekin. Katekin adalah antioksidan yang sama dalam teh hijau. Katekin itu melawan radikal bebas.

No comments:

Post a Comment