Wednesday, 15 July 2015

Manfaat Buah Jeruk Bagi kesehatan

Buah jeruk sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Baik itu anak-anak ataupun orang dewasa, laki-laki ataupun perempuan, suku jawa ataupun suku batak, dari sabang sampai meroke, itu semua mayoritas sudah tau apa yang namanya jeruk. Macam-macam jeruk sangat banyak, antara lain ada jeruk nipis, jeruk bali dan jeruk yang lainnya. Dari semua jeruk itu ternyata banyak sekali manfaatnya. Banyak orang yang sudah tahu manfaat jeruk, tetapi masih banyak juga orang yang belum tahu manfaat dari buah jeruk itu.

Manfaat buah jeruk antara lain:


1.       Buah jeruk bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.
          Jika orang tua anda, atau saudara anda, atau teman anda atau belahan hati anda belum tahu manfaat buah jeruk yang pertama ini, maka sebaiknya anda cepat-cepat mengasih tahu kepada mereka. Karena anda beruntung sudah tahu terlebih dahulu bahwa manfaat buah jeruk yang pertama adalah untuk mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker ini sangat berbahaya bagi tubuh. Jenis penyakit kanker pun banyak sekali macamnya, antara lain: kanker payudara, kanker rahim, kanker otak dan lain-lainnya. Oleh karena itu, jika anda tidak mau terkena penyakit kanker, maka anda sebaiknya makan buah jeruk. Sebab buah jeruk bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.


Baca Juga Artikel yang Menarik Lainnya: "Manfaat Tanaman Andong untuk Pengobatan Secara Alami" 


2.       Buah jeruk bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol.
          Bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan-makanan berlemak, atau anda suka makan-makanan gorengan, atau anda suka makan-makanan yang banyak mengandung gula, atau jelasnya jika anda suka makan-makanan yang banyak mengandung kolestrol, maka anda tidak perlu khawatir. Karena kalau anda suka makan-makanan yang banyak mengandung kolestrol, maka sebaiknya anda makan buah jeruk. Sebab buah jeruk bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol. Kenapa buah jeruk bisa menurunkan kadar kolestrol? Mungkin pertanyaan itu ada di dalam benak anda. Kalau pertanyaan itu ada di benak anda, maka jawabanya adalah karena jeruk mengandung zat hesperidin dan pectin. Itu jawabanya. Zat hesperidin dan zat pectin itulah yang terdapat di dalam buah jeruk yang fungsinya untuk menurunkan kadar kolestrol yang terdapat dalam tubuh manusia.

3.       Buah jeruk bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
          Jika kebetulan anda mempunyai sahabat yang mempunyai tekanan darah tinggi maka sebaiknya cepat-cepatlah sahabat anda itu di suruh makan jeruk. Karena buah jeruk mengandung hesperidin dan magnesium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jika seseorang terkena tekanan darah tinggi biasanya orang itu pemarah, tidak sabar dan mudah tersinggung. Jadi kalau ada yang menderita tekanan darah tinggi maka salah satu solusinya adalah makan buah jeruk supaya tubuh menjadi sehat kemabali.

4.       Buah jeruk mengurangi radang sendi atau kekakuan pada otot dan sendi
          Biasanya kalau ada seseorang yang lagi berjalan santai atau lagi olahraga ringan tiba-tiba otot menjadi kaku, sehingga terjadi kram maka sebaiknya seseorang itu di suruh hobi makan buah jeruk. Karena buah  jeruk bisa mengurangi radang sendi atau kekakuan pada otot dan sendi seseorang.  Mungkin kalau pas kejadian kekakuan pada otot itu pada saat berjalan sante mungkin tidak terlalu berisiko tinggi. Coba seandainya kekakuan otot itu terjadi pada saat berenang, maka resikonya sangat fatal yaitu bisa tenggelam. Oleh  karena itu bagi seseorang yang menderita radang sendi sebaiknya makan buah jeruk karena bisa mengurangi radang sendi tersebut.

5.       Buah jeruk bermanfaat untuk perkembangan otak.
          Siapa yang tak ingin mempunyai otak cerdas dan pintar? Pertanyaan itu pasti kebanyakan orang jawabanya semua orang pasti menginginkan mempunyai otak cerdas dan pintar. Ternyata buah jeruk itu mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan otak. Kalau perkembangan otaknya baik, maka sudah barang tentu orang itu mempunyai otak yang cerdas dan pintar.

6.       Buah jeruk bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.
          Setiap orang pasti menginginkan daya tahan yang kuat. Dengan daya tahan yang kuat, maka orang tersebut tidak mudah terserang penyakit. Kenapa orang tersebut tidak mudah terserang penyakit? Karena orang tersebut mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat dan baik. Bagi seseorang yang ingin sistem kekebalan tubuhnya kuat, maka di sarankan untuk mengkonsumsi buah jeruk. Karena buah jeruk banyak mengandung vitamin C, vitamin C inilah yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel darah putih dalam tubuh kita. Kalau sel darah putih kita baik maka kekebalan tubuh kita pun akan baik juga.

7.       Buah jeruk bermanfaat supaya tampak awet muda
          Seserang dikatakan awet muda maka orang itu akan bahagia. Awet muda identik dengan kulit halus dan tidak ada keriputan. Bagi anda yang ingin awet muda, maka disarankan makan buah jeruk. Karena buah jeruk mengandung zat antioksidan. Zat anti oksidan ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan karena di sebabkan oleh radiakal bebas. Sehingga kulit kita akan kelihatan awet muda. 

No comments:

Post a Comment