Wednesday, 29 July 2015

Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan

Buah jambu biji adalah buah yang sudah menjadi idola bagi masyakat Indonesia. Buah jambu biji adalah buah yang unik di bandingkan buah yang lainnya. Buah jambu biji, biasanya di masyarakat di panggilnya berbagai macam nama. Ada suatu mayarakat yang memanggil jambu biji dengan nama jambu klutuk. Kenapa namanya jambu klutuk, karena kalau di makan bunyinya klutuk-klutuk. Selain jambu biji di panggil dengan nama jambu klutuk, jambu biji juga kadang di panggil dengan nama jambu siki. Jambu biji nama latinnya adalah Psidium guajava. Jambu biji ini termasuk dalam keluarga Myrtaceae. Bagi anda yang suka makan buah jambu biji, maka beruntunglah anda. Karena buah jambu biji mengandung banyak sekali manfaatnya.


Berikut akan di paparkan beberapa manfaat buah jambu biji untuk kesehatan:


1.       Buah Jambu biji bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi

Bagi anda yang mungkin terkena infeksi maka anda jangan khawatir, karena untuk menyembuhkan infeksi maka solusinya adalah anda perlu makan jambu biji secara rutin. Kenapa jambu biji itu bisa menyembuhkan infeksi karena buah jambu biji mengandung banyak vitamin C. Vitamin C itu bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2.       Buah Jambu biji bermanfaat untuk mengatasi penyakit jantung koroner    

Buah jambu biji mengandung kadar kalium yang berfungsi untuk membantu jantung berdetak lebih teratur. Selain itu buah jambu biji juga mengandung asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, dan juga mengandung serat yang berfungsi untuk mengikat lemak di dalam tubuh. Jika lemak di dalam tubuh sudah di ikat maka akan terhindar dari terbentuknya plak. Sehingga kalau kita sudah terhindar dari terbentuknya plak di jantung, maka kita akan terbebas dari penyebab jantung koroner.

3.       Buah Jambu biji bermanfaat untuk mengatasi diabetes

Buah jambu biji mengandung serat pektin yang berfungsi untuk menurunkan kadar glukosa darah. Karena buah jambu mengandung serat pektin maka buah jambu ini sangat cocok untuk di konsumsi oleh penderita diabetes.

4.       Buah jambu biji bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Buah jambu biji mengandung kadar kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu buah jambu biji juga mengandung serat yang berfungsi untuk mengikat lemak.

5.       Buah jambu biji bermanfaat untuk anti radang dan antivirus

Buah jambu biji mengandung vitamin C yang berperan untuk membentuk kolagen. Kolagen ini berfungsi untuk menyembuhkan luka. Selain itu buah jambu biji juga mengandung senyawa flavonoid. Senyawa Flavonoid ini bermanfaat untuk antiradang, antialergi, dan antivirus.

6.       Buah jambu biji bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata

Buah jambu biji meningkatkan kesehatan mata karena buah jambu biji mengandung betakaroten dan vitamin A yang tinggi. Vitamin A pada buah jambu biji juga sangat dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir pada kulit. Betakarotin selain bermanfaat untuk kesehatan mata, betakaroten juga bermanfaat untuk melindungi anda dari masalah kanker paru-paru.

7.       Buah jambu biji bermanfaat untuk anti penuaan


Jika anda ingin awet muda maka sebaiknya anda makan buah jambu biji secara rutin. Karena buah jambu biji mengandung vitamin A, B, C, dan kalium yang merupakan antioksidan dan pendetoks yang baik. Antioksidan dan pendetoks yang baik ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap segar dan cerah. Antioksidan dan pendetoks yang baik ini juga bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus. Di samping itu, di dalam buah jambu biji juga mengandung likopen. Likopen ini berfungsi untuk melindungi sel yang sehat dari racun sisa metabolisme dan pencemaran yang menumpuk di dalam tubuh.        

No comments:

Post a Comment