Thursday, 23 July 2015

Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

Buah belimbing adalah buah yang sudah di sukai oleh kalangan masyarakat luas. Dari anak-anak sampe orang dewasa sudah tau yang namanya belimbing. Orang yang menyukai buah belimbing juga banyak sekali. Dari orang yang hidup di desa maupun dari orang yang hidup di kota sudah tidak asing kalau mendengar nama buah belimbing. Seseorang yang suka makan buah belimbing biasanya tubuhnya sehat dan segar. Karena buah belimbing banyak mengandung banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

Berikut akan di sajikan beberapa manfaat buah belimbing untuk kesehatan:


1.       Buah belimbing bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan
          Buah belimbing mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat di dalam buah belimbing memiliki banyak sekali manfaatnya, antara lain: serat berfungsi untuk membantu melindungi selaput lendir usus dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar, fungsi serat berikutnya adalah membantu mencegah penyerapan kolestrol LDL pada makanan dalam usus, Selain itu fungsi serat di dalam buah belimbing adalah untuk membuat pencernaan lebih sehat dan menghindarkan dari gejala kanker usus besar.
2.       Buah belimbing bermanfaat untuk mencegah kanker
          Buah belimbing banyak mengandung vitamin C. Vitamin C ini berfungsi untuk pencegahan terhadap gejala kanker. Kalau kita makan buah belimbing maka kebutuhan vitamin C kita terpenuhi. Jadi bagi anda yang tidak terkena penyakit kanker sebaiknya anda makan buah belimbing, karena buah belimbing bermanfaat untuk mencegah kanker.
3.       Buah belimbing mengandung kaya antioksidan
          Flavonoid polivenol adalah contoh antioksidan yang terdapat di dalam buah belimbing. Contoh flavonoid misalnya quercetin, epicatechin, dan asam galat. Antioksidan ini bermanfaat bagi tubuh untuk membantu melindungi tubuh dari efek kerusakan akibat radikal bebas.
4.       Buah belimbing bermanfaat untuk menigkatkan kerja enzim
          Buah belimbing ternyata mengandung vitamin B kompleks. Contoh vitamin B kompleks misalnya riboflavin, folat, dan piridoksin. Piridoksin nama lainnya adalah vitamin B6. Vitamin B kompleks tersebut secara bersama-sama membantu sebagai co-faktor enzim dalam metabolisme. Selain itu vitamin B komplek itu juga berperan sekali dalam mendukung berbagai fungsi sintetis enzim di dalam tubuh manusia.
5.       Buah belimbing bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi
          Bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi maka sebaiknya anda makan buah belimbing. Karena dengan anda makan buah belimbing maka tekanan darah tinggi anda akan dapat teratasi. Kenapa buah belimbing dapat mengatasi tekanan darah tinggi? Karena di dalam buah belimbing terkandung sejumlah mineral dan elektrolit. Zat elektrolit di dalam buah belimbing misalnya kalium, fosfor, besi dan seng. Yang berfungsi untuk membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah adalah kalium.
6.       Buah belimbing bermanfaat untuk mengatasi gangguan ginjal
          Jika seseorang terkena gangguan ginjal maka orang tersebut akan terganggu kesehatannya. Jika sakit ginjalnya sudah parah maka orang yang terkena sakit ginjal tersebut harus cuci darah. Karena darahnya kotor. Oleh karena itu bagi seseorang yang terkena gangguan ginjal maka di sarankan untuk makan buah belimbing secara rutin sampe benar-benar sembuh.
7.       Buah belimbing bermanfaat untuk mengurangi kadar kolestrol jahat
          Kalau di dalam tubuh banyak kolestrol jahatnya maka tubuh itu akan terserang beberapa penyakit. Di antaranya penyakit diabetes. Di dalam buah belimbing mengandung zat pektin. Zat pektin ini berfungsi untuk mengurangi kolestrol dalam darah. Selain untuk mengurangi kolestrol dalam darah, zat pektin ini juga berfungsi untuk mengikat kolestrol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya.
8.       Buah belimbing bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada rambut
          Jika rambut anda rontok, anda tidak perlu khawatir. Karena buah belimbing berfungsi untuk menatasi rambut rontok. Kenapa buah belimbing dapat mengatasi rambut rontok? Karena buah belimbing mengandung banyak sumber antioksidan yang baik dan banyak mengandung vitamin C serta vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk rambut.

No comments:

Post a Comment