Wednesday, 22 July 2015

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Buah alpukat adalah buah yang rasanya enak dan disukai banyak orang. Buah alpukat banyak terdapat tumbuh di negara Indonesia. Tanah air yang subur, sehingga mudah sekali tumbuhan buah alpukat untuk tumbuh. Anak-anak biasanya suka pada buah alpukat kalau di buat jus. Tidak hanya anak-anak saja yang suka pada jus alpukat, orang dewasa pun suka yang namanya jus alpukat. Bagi anda yang kebetulan saat ini suka makan buah alpukat, maka sebaiknya anda teruskan kebiasan rutin makan buah alpukat itu. Karena makan buah alpukat mengandung banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

Berikut akan diutarakan beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan:


1.       Buah alpukat bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil
          Bagi anda kaum wanita yang berencana mau hamil, atau sekarang kebetulan baru hamil, maka di sarankan untuk makan buah alpukat. Karena buah alpukat banyak mengandung sumber alami folat, yang mana folat ini faktor yang penting bagi perkembangan janin yang sehat.
2.       Buah alpukat banyak mengandung lemak yang baik
          Mungkin anda dulu mendegar mitos atau kabar angin yang mengatakan bahwa kalau makan buah alpukat nanti bisa berbahaya bagi kesehatan karena banyak mengandung lemak jahat. Ternyata mitos itu atau kabar angin itu adalah salah. Yang betul adalah bahwa kalau makan buah alpukat justru kesehatan kita akan baik karena didalam buah alpukat banyak mengandung lemak yang baik. Lemak yang baik dalam buah alpukat adalah lemak jenuh tunggal yang fungsinya untuk menjaga kesehatan jantung, selain itu lemak jenuh tunggal itu juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.
3.       Buah alpukat banyak mengandung vitamin E tinggi
          Jika anda ingin awet muda maka sebaiknya makan buah alpukat, karena buah alpukat banyak mengandung vitamin E. Vitamin E yang tertinggi terdapat dalam buah alpukat. Jadi vitamin E itu di klaim memiliki sifat antipenuaan.
4.       Buah alpukat banyak mengandung sumber serat
          Buah alpukat ternyata sumbernya serat. Serat fungsinya untuk mencegah lonjaknya gula darah, membantu mengurangi kadar kolestrol, dan membantu mempertahankan fungsi usus. Jadi bagi anda yang jarang makan-makanan yang kaya akan serat, sebaiknya mulai saat ini anda rutin makan buah alpukat.
5.       Buah alpukat lebih sehat dan bebas residu insektisida
          Buah alpukat kemungkinan dari dulu sampai sekarang tidak ada yang direkayasa secara genetika. Kulit yang tebal itulah yang dimiliki oleh buah alpukat, jadi inti buahnya terlindungi dari pestisida. Dengan kita mengacu alasan tadi maka buah alpukat disebut juga buah organik.
6.       Buah alpukat adalah makanan untuk otak
          Kalau anda ingin memiliki otak yang cerdas maka sebaiknya anda rutin makan buah alpukat. Karena Buah alpuka baik untuk kesehatan otak.
7.       Buah alpukat bermanfaat untuk membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik
          Nutrisi yang diserap baik didalam tubuh akan bermanfaat secara baik juga untuk tubuh. Misalkan nutrisi karbohidrat, kalau karbohidrat diserap dengan baik maka tubuh akan cepat pula mendapatkan tenaga baru. Jadi untuk membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik sebaiknya rutin makan buah alpukat.
8.       Buah alpukat dapat membantu mencegah stroke
          Untuk mengantisipasi supaya tidak terserang stroke adalah dengan cara rutin makan buah alpukat. Karena buah alpukat banyak mengandung folat yang tinggi. Folat ini berfungsi untuk mengurangi resiko stroke. Orang yang hobi makan buah alpukat memang jarang terkena stroke.
9.       Buah alpukat bermanfaat untuk menurunkan kolestrol
          Pada zaman yang modern sekarang ini, banyak makanan yang mengandung kolestrol. Jika seseorang banyak makan-makanan yang banyak mengandung kolestrol maka orang tersebut akan mengalami gangguan pada kesehatannya. Untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh sebaik nya makan buah alpukat. Beta sitosterol dalam buah alpukat berfungsi untuk menurunkan kadar kolestrol.
10.     Buah alpukat bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata
          Mata yang sehat dan jernih adalah idaman setiap orang. Untuk melndungi kesehatan mata disarankan makan secara rutin buah alpukat. Karena setelah makan buah alpukat maka dapat meningkatkan asupan lutein, yang fungsinya akan melindungi kita dari degenerasi makula dan pembentukan katarak pada mata.

No comments:

Post a Comment